Sofyan Ali: Santun dan Sederhana, dari Guru Privat Hingga jadi Politisi

| Jum'at, 16/11/2018 17:46 WIB
Sofyan Ali: Santun dan Sederhana, dari Guru Privat Hingga jadi Politisi Sofyan Ali (Ketua DPW PKB Jambi). (Foto: radarbangsacom)

JAMBI, RADARBANGSA.COM - Sofyan Ali, nama dan sosok pria kelahiran 20 Oktober 1973 ini tak asing lagi terdengar di masyarakat Jambi. Sofyan dikenal santun, merakyat dan sederhana.

Sofyan yang sejak kecil dididik dalam lingkungan keluarga Nahdlatul Ulama (NU) ini juga hobi menuntut ilmu. Menempuh pendidikan Sarjana (S1) di Institut Agama Islam Negeri Sulthan Thaha Saifuddi (IAI STS) tahun 1993 hingga selesai, pria yang mudah bergaul itu melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2 di IAIN Imam Bonjol Padang, Sumatera Barat, yang kemudian pindah ke Pasca Sarjana IAI STS Jambi konsentrasi Studi Pemikiran Islam.

Selain itu, Sofyan juga aktif fi berbagai organisasi yang kental dengan tradisi NU, seperti PMII, GP Ansor hingga IPNU. Pengalaman organisasi tersebut membawa pria yang pernah jadi guru privat bahasa Inggris ini terjun ke dunia politik.

Sofyan memulai karir politiknya tahun 1999 dengan bergabung ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Kala itu dirinya ditunjuk jadi wakil ketua PAC Kecamatan telanaipura kota Jambi.

Kemudian, tahun 2003 menjabat sebagai Wakil Ketua DPC PKB Kota Jambi. Pengalamannya yang terus berkembang membuat Sofyan dipercaya menjabat Wakil Sekretaris Dewan Syuro` DPW PKB Provinsi Jambi tahun 2007.

Setahun kemudian dipercaya menjadi Sekretaris DPW PKB Provinsi Jambi hingga menjabat Wakil Ketua DPW PKB Jambi tahun 2011. Tahun 2013, pria yang juga pernah menempuh pendidikan di Fakultas Hukum Universitas Jambi tahun 2005 itu diberikan amanat menjadi Ketua DPW PKB Provinsi Jambi hingga saat ini.

Sofyan Ali juga terdaftar sebagai anggota DPRD Provinsi Jambi daerah pemilihan Kota Jambi tahun 2014 silam dan menjabat Wakil Ketua Komisi III yang membidangi Pembangunan, Sumber Daya dan Energi.Dia pun juga dikenal dekat dengan masyarakat, sehingga banyak masyarakat menitipkan aspirasi padanya baik dari kelas bawah hingga kelas atas.

Pengalaman organisasi dan karier politik yang ditekuninya membuat dirinya terpanggil untuk mengabdi lebih luas lagi. Karena itu, Sofyan pun berniat untuk mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI dari PKB nomor urut 1 pada Pemilihan anggota Legislatif tahun 2019 mendatang.

Sofyan pun memohon do`a dan restu masyarakat Jambi agar dirinya sukses melangkah menuju kursi DPR RI untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Jambi di Senayan.

Tags : Sofyan Ali , Jambi , PKB