Kunjungan TBI UIN SMH Banten ke Kedubes Amerika, Ini yang Dibahas

| Minggu, 18/11/2018 17:09 WIB
Kunjungan TBI UIN SMH Banten ke Kedubes Amerika, Ini yang Dibahas urusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten melakukan kunjungan ke Kedubes AS di Jakarta, Kamis 16 November 2018. (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Jurusan Tadris Bahasa Inggris (TBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten melakukan kunjungan ke kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Amerika Serikat (AS) di Jakarta, Kamis 16 November 2018.

“Tujuan utama kunjungan ke Kedubes Amerika Serikat adalah menjalin kerjasama pendidikan antara Jurusan TBI khususnya, dan UIN SMH Banten pada umumnya sebagai realisasi dari tujuan visi UIN Dan juga TBI,” kata Ketua Jurusan TBI Dr. Abdul Muin, MM kupada radarbangsacom, Jumat malam, 16 November 2018.

Abdul Muin menjelaskan, Amerika Serikat merupakan salah satu pusat kebudayaan dan pendidikan yang telah diakui dunia.   “Kami memilih Kedubes Amerika karena diakui atau tidak amerika adalah pusat kebudayaan dan pendidikan dunia, disamping kita juga sudah memiliki kerjasama dengan RELO (Regional English Language Office) yang merupakan salah satu devisi kerja yang ada di bawah kedubes Amerika yang bergerak dibidang pendidikan dan pengembangan bahasa Inggris,” tambahnya.

“Alhamdulillah dari pertemuan kemarin, kita banyak mendapatkan informasi yang komprehensif tentang MAJ (My America Jakarta) yang menyediakan fasilitas yang luar biasa bagi pendidikan secara umum dan juga bahasa inggris secara khusus. Juga sangat memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk mengeksplore pengetahuan melalui media yang disediakan.  Kita juga memahami banyak tentang RELO dan program-programnya yang luar biasa,” jelasnya.

Satu hal yang juga sangat menarik perhatian mahasiswa, lanjut Abdul Muin,  adalah tentang beasiswa pendidikan di Amerika.  Peluang-peluang yang ada di universitas di Amerika baik yang bonafid maupun yang biasa. Serta jurus jitu  untuk memilih universitas di AS agar bisa diterima.

“Hasil dari pertemuan tersebut adalah terbukanya akses untuk mengunjungi situs MAJ dan juga untuk berkunjung ke MAJ kapan pun dan juga banyak informasi berkaitan dengan fasilitas pembelajaran baik yang off line atau face to face  maupun yang online. Juga mereka siap melakukan pendampingan terhadap kegiatan2 akademis seperti  fellowship, specialists,” ungkapnya.

Diketahui, peserta yang ikut serta pada kunjungan tersebut adalah Ketua dan Sekretaris Jurusan TBI, dosen dan Pengurus HMJ Tadris Bahasa Inggris yang dimotori oleh ketuanya yaitu Agus.

Tags : Jurusan TBI Uin Banten ,

Berita Terkait