SDN 163/I Bulian Jaya Ajak Kepala Desa Susun Program Sekolah, Begini Strateginya

| Rabu, 19/12/2018 19:23 WIB
SDN 163/I Bulian Jaya Ajak Kepala Desa Susun Program Sekolah, Begini Strateginya Kepala SDN 163/I Bulian Jaya, Rizal, S.Pd (tengah) bersama Kepala Desa membahas program sekolah di SDN 164/I Bulian Jaya. (Foto: Ahmad Syaiful Bahri)

BATANG HARI, RADARBANGSA.COM - Sebelum memasuki tahun anggaran 2019, SDN 163/I Bulian Jaya Kecamatan Maro Sebo Ilir Kabupaten Batang Hari bersama sejumlah pemangku kepentingan sekolah mengadakan rapat bersama. Salah satu agenda yang dibahas adalah mempersiapkan penyelenggaraan pendidikan untuk semester 2 tahun ajaran 2018/2019, dan semester 1 tahun ajaran 2019/2020. Persiapan itu diwujudkan dengan menyusun rencana kegiatan dan anggaran sekolah (RKAS).

Pertemuan tersebut menghadirkan semua guru dan tenaga kependidikan sekolah serta mengundang ketua komite sekolah dan Kepala Desa Bulian Jaya. Kehadiran kepala Desa dalam rapat penyusunan RKAS ini patut diapresiasi sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintahan desa terhadap pengembangan mutu pendidikan. Menurut Rizal, S.Pd, Kepala SDN 163/I Bulian Jaya, keikutsertaan kepala desa dalam rapat sekolah sudah tiga kali, dan khusus rapat kali ini, kepala desa hadir hingga rapat selesai.

”Bentuk dukungan Kepala Desa adalah adanya sudut baca di setiap kelas, dan mengajak orangtua untuk mendukung pemberian bantuan buku bacaan ke sekolah, dan juga mendukung penumbuhan minat baca anak di rumah. Sedangkan usulan sekolah kepada pemerintah desa adalah bantuan penanganan kondisi lingkungan sekolah yang rentan longsor, Kepala Desa berjanji membawa usulan ini dalam musrenbang desa,” ujarnya.

Pihak sekolah dan komite merasa bangga atas perhatian dan kepeduliaan Bapak Jayin, Kepala Desa Bulian Jaya yang senantiasa berkomitmen mendukung peningkatan mutu pendidikan di SDN 163/I Bulian Jaya. Ketua Komite Sekolah, Bapak Noval Yadi, mengharapkan agar ke depan penyelenggaraan pendidikan di SDN 163//I Bulian Jaya semakin baik dengan pemenuhan kebutuhan pembelajaran masing-masing kelas dan mata pelajaran. Guru-guru harus lebih meningkatkan mutu pembelajaran di kelas dengan menerapkan hasil-hasil pelatihan yang pernah diperoleh melalui Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation.

Dedi Kurniawan, S.Pd, guru SDN 163/I Bulian Jaya sebagai pemateri RKAS dalam rapat ini menyampaikan bahwa sekolahnya tetap bermitra dengan Tanoto Foundation, “Melalui Pelita Pendidikan yang saat ini menjadi program STEP (School Transition and Empowerment Project), sekolah ini tetap menjadi binaan Tanoto Foundation untuk jangka waktu 2 tahun,”ungkapnya.

Dedi Kurniawan pun mengajak rekan-rekan guru mempersiapkan perencanaan kebutuhan pembelajaran yang lebih baik lagi agar implementasi program STEP dalam peningkatan mutu pendidikan dapat terwujud di SDN 163/I Bulian Jaya. (Ahmad Syaiful Bahri)

Tags : Minat Baca , Siswa , Sekolah Dasar , Program PINTAR , Jambi