Sambut Baik Tilang CCTV, Kemenhub: Tuntut Pengendara Lebih Disiplin

| Senin, 08/07/2019 21:39 WIB
Sambut Baik Tilang CCTV, Kemenhub: Tuntut Pengendara Lebih Disiplin Polda Metro Jaya mulai memberlakukan tilang elektronik di sejumlah kawasan di Jakarta. (Foto: koranjakartacom)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Kementerian Perhubungan menyambut baik inovasi yang dilakukan oleh Polda Metro Jaya yang mulai memberlakukan tilang dengan kamera Electronic Traffic Law Enforcement (e-TLE). Sebelumnya, inovasi ini telah dilakukan ujicoba.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat kementerian Perhubungan, Budi Setyadi menyampaikan bahwa penegakan hukum semakin efektif dan membuat masyarakat semakin waspada dengan tilang CCTV itu.

"Generasi kedua (e-TLE) yang sedang dibangun kepolisian saya juga mendukung sepenuhnya. Masyarakat di mana-mana jadi waspada," kata Budi seperti dilansir dari detik.com, Senin, 8 Juli 2019.

Dijelaskannya, tujuan dioperasikannya e-TLE yakni untuk meningkatkan keselamatan serta ketertiban masyarakat dalam berkendara di jalan. "Artinya keberadaan polisi di jalan itu lebih mengedukasi kepada masyarakat supaya mereka lebih disiplin di jalan. Karena apa? (dengan e-TLE) diawasi semuanya," paparnya.

Diketahui, inovasi penegakan hukum lalu lintas secara elektronik ini telah berjalan selama 7 bulan. Sejak diterapkan pada November 2018 lalu, perangkat kamera CCTV sudah menangkap setidaknya 12 ribu pelanggar lalu lintas.

"Sekarang (e-TLE) sudah capture 12 ribu lebih pelanggaran. Dari sana 4.000 sudah melakukan proses hukumnya, ada sekitar 2.400 sudah konfirmasi dan sedang proses persidangan di pengadilan," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP M. Nasir. 

Tags : Tilang Elektronik , Polda Metro Jaya , Kemenhub

Berita Terkait