Ini Alasan Jokowi Pilih Kalimantan Timur Ibu Kota Baru Indonesia

| Senin, 26/08/2019 15:12 WIB
Ini Alasan Jokowi Pilih Kalimantan Timur Ibu Kota Baru Indonesia Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku sudah meneken Perpres tentang Mobil Listrik. (Dok Setkab RI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo memilih Provinsi Kalimantan Timur sebagai lokasi Ibu Kota negara Indonesia yang baru menggantikan DKI Jakarta, Senin 26 Agustus 2019.

Eks Walikota Solo ini juga menjelaskan alasan utama mengapa pemerintah memilih Kalimantan Timur sebagai calon Ibu Kota yang baru.

“Pertama, Kaltim memiliki risiko bencana paling minimal, baik bencana gempa bumi, tsunami maupun longsor,” kata Jokowi saat jumpa pers di Istana Negara.

Alasan kedua, lanjut Jokowi, letak geografis Kalimantan Timur sangat strategis, yaitu berada di tengah-tengah Indonesia.

Selain itu, Jokowi juga menyebut Kalimantan Timur diapit oleh dua wilayah perkotaan yang sudah berkembang, yaitu Kota Balikpapan dan Kota Samarinda.

Jokowi juga menilai infrastruktur Kalimantan Timur relatif lengkap dibandingkan dengan Provinsi lainnya di pulau Kalimantan.

”Dan kelima, di Kaltim telah tersedia lahan yang telah dikuasai pemerintah seluas 180 ribu hektar,” tukas Jokowi.

Tags : Jokowi , Ibu Kota Baru , Kalimantan Timur

Berita Terkait