Selesaikan Konflik Papua, Kiai Maruf: Tiru Cara Gus Dur

| Selasa, 03/09/2019 20:31 WIB
Selesaikan Konflik Papua, Kiai Maruf: Tiru Cara Gus Dur KH Maruf Amin (Wakil Presiden RI Terpilih). (Dok istimewa)

SERANG, RADARBANGSA.COM - Wakil Presiden RI terpilih KH Ma`ruf Amin menawarkan solusi pada pemerintah untuk menyelesaikan konflik yang terjadi di Papua. Menurutnya, penyelesaian konflik Papua tidak hanya menggunakan keamanan dan ketertiban, tapi juga dengan budaya.

Kiai Ma`ruf menyebut, hal itu sudah dilakukan oleh Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur. Untuk itu, Mustasyar PBNU itu mengimbau pemerintah untuk melakukan pendekatan guna menyelesaikan konfik tersebut.

"Kami (dengan tokoh NU-red) sudah berbincang supaya penyelesaian Papua tidak hanya dilakukan pendekatan keamanan dan penertiban tapi juga perbaikan pendekatan budaya," kata Kiai Ma`ruf usai pertemuan dengan para Kiai Nahdlatul Ulama (NU) di Kompleks Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara (Penata), Serang, Banten, Selasa, 3 September 2019.

Baca Juga: Kiai Maruf: Cegah Kemungkaran dengan Cara yang Santun dan Lemah Lembut

Ditegaskannya, pendekatan budaya seperti yang pernah dilakukan oleh Gus Dur saat mengubah nama Irian Jaya menjadi Papua. Langkah itu, ujarnya, memberikan semangat kemanusiaan di Papua dari segala bentuk diskriminasi, marjinalisasi, dan krisis di segala bidang.

"Oleh karena itu orang Papua kepada Gus Dur khususnya dan NU sangat simpati dan menghargai. Apa yang dilakukan Gus Dur harus dilakukan PBNU, yaitu pendekatan budaya," pungkasnya.

Tags : Maruf Amin , Gus Dur , Papua

Berita Terkait