Dirjen Binalattas Kemnaker: Kita Harus Lakukan Transformasi Ekosistem Ketenagakerjaan

| Sabtu, 21/09/2019 07:03 WIB
Dirjen Binalattas Kemnaker: Kita Harus Lakukan Transformasi Ekosistem Ketenagakerjaan Dirjen Binalattas, Kemnaker, Bambang Satrio Lelono menjadi narasumber dalam seminar bonus demograsi di Jakarta, 20 September 2019 (foto: kemnakerRI)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Jenderal Pembinaan dan Produktivitas (Binalattas), Kementerian Keternagakerjaan (Kemnaker RI), Bambang Satrio Lelono mengatakan, pemerintah harus melakukan transformasi ekosistem ketenagakerjaan agar lebih fleksibel terhadap pasar ketenagakerjaan.

”Kita harus melakukan transformasi eksosistem kita agar bisa menjadi lebih fleksibel atau flexibility labour market, agar investasi bisa masuk dengan mudah guna menciptakan lapangan pekerjaan yang masif bagi angkatan kerja kita,” kata Bambang Satrio Lelono di Jakarta, Jumat 20 September 2019.

Sementara soal menghadapi revolusi industri 4.0, pemerintah dan swasta harus lebih adaftif dan berpikir cepat sehingga Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia mampu menghadapi perubahan terutama di dunia ketenagakerjaan.

“Dalam menghadapi revolusi industri 4.0, saat ini kita perlu adaptif dan berpikir cepat guna menghadapi perubahan teknologi informasi yang masif saat ini. Serta kita harus bisa membuat transformasi industri guna menyiapkan adanya pekerjaan baru dimasa depan,” katanya.

Selain itu, kata Satrio, pemerintah bisa mendorong untuk mengintegrasikan alokasi dana bagi pelatihan vokasi baik dari pemerintah pusat maupun daerah, agar siap secara finansial guna mendukung pembangunan SDM yang unggul di Indonesia.

Tags : Kemnaker , Skill , Pekerjaan ,