CDI Undang PKB Hadiri Rapat Pimpinan Eksekutif se Dunia di Roma

| Sabtu, 28/09/2019 18:09 WIB
CDI Undang PKB Hadiri Rapat Pimpinan Eksekutif se Dunia di Roma Gus Yahya bertemu Sekjen CDI, Antonio Isturiz di Belgia (foto Gus Staquf)

BELGIA, RADARBANGSA.COM - Pertemuan Duta Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), KH Yahya Cholil Staquf dengan Sekretaris Jenderal Centrist Democrat International (CDI), Antonio Isturiz, Jumat 27 September 2019 di Belgia, menghasilkan sebuah kesepakatan penting bagi PKB.

Gus Staquf berujar, Isturiz merestui PKB yang telah menjadi anggota penuh CDI sejak November 2018 untuk berpartisipasi dalam Musyawarah Pimpinan Eksekutif CDI se dunia berikutnya yang akan berlangsung 10-11 Oktober di Roma, Italia.

“PKB akan berpartisipasi dalam musyawarah Pimpinan Eksekutif CDI di Roma,” kata Gus Staquf dalam rilisnya.

Selain itu, lanjut tokoh NU jebolan Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta ini, PKB juga akan kembali mengusulkan resolusi sebagai lanjutan serial dari resolusi yang telah diterima dalam Musyawarah yang lalu.

Atas respon positif tersebut, Gus Staquf menyatakan PKB akan mengirim seorang kader Pemuda dan seorang kader Perempuan. Mereka akan ikut serta menginisiasi didirikannya organisasi kepemudaan dan organisasi wanita CDI.

“Wacana tentang radikalisme telah menjadi ruwet bercampur-aduk dengan isu-isu Islamofobia, konflik antar identitas, polarisasi politik dan lain-lain sehingga berbagai Pemerintah negara-negara cenderung lumpuh dalam upaya mengatasinya”, kata Yahya Staquf.

Melalui CDI dan berbekal pandangan-pandangan yang telah dikembangkan NU selama ini, lanjutnya, PKB dapat membantu menjernihkan kekeruhan wacana tersebut.

“Lagipula, masalah radikalisme ini memang masalah global yang hanya bisa diatasi dengan kerja sama global pula," tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Isturiz menyatakan kekagumannya kepada NU dan Indonesia. Ia mengatakan bertekad untuk sungguh-sungguh membangun kerja sama saling membantu dengan PKB dan Indonesia.

Tags : PKB , Yahya Cholil Staquf , CDI