Paus Fransiskus Lantik Uskup Ignatius Suharyo Sebagai Kardinal

| Selasa, 08/10/2019 09:19 WIB
Paus Fransiskus Lantik Uskup Ignatius Suharyo Sebagai Kardinal Prosesi pelantikan Uskup Ignatius Suharyo sebagai Kardinal (foto: kemlugoid)

ROMA, RADARBANGSA.COM - Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ignatius Suharyo Hardjoatmodjo, resmi dilantik sebagai Kardinal oleh Paus Fransiskus pada Sabtu, 5 Oktober 2019. Uskup Suharyo ditahbiskan bersama dengan 12 Kardinal lainnya dalam upacara pelantikan yang dilangsungkan pukul 16.00 di Basilika Santo Petrus, Vatikan.

Dalam upacara tersebut hadir delegasi dari Jakarta yaitu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin sebagai ketua delegasi, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Penasihat Utama Kemenko Maritim, Dubes Kartini Sjahrir.

Dilansir dari laman kemlu.go.id, Dubes RI untuk Takhta Suci beserta istri hadir pula dalam acara yang bersejarah ini.

Setelah prosesi penobatan, Paus memberikan pesan kepada para Kardinal baru agar melaksanakan tugas mereka berdasarkan prinsip cinta kasih, pelayanan, dan pengorbanan. 

Keesokan harinya pada Minggu, 6 Oktober 2019, para Kardinal baru tersebut mengikuti misa pertama mereka, yakni Sinode para Uskup untuk wilayah Amazon.

Misa tersebut sebagai simbol untuk memberkati lingkungan dan alam dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran umat manusia akan pentingnya menjaga kelestarian dan keseimbangan alam.

Sebagai bentuk syukur atas dilantiknya Uskup Suharyo sebagai Kardinal, KBRI untuk Takhta Suci dan IRRIKA (Ikatan Rohaniwan dan Rohaniwati Katolik di Kota Abadi) berencana untuk menyelenggarakan Misa Syukur hari ini, Selasa, 8 Oktober 2019 di Pontificio Collegio Missionario San Paolo Apostolo, Roma dan akan dihadiri oleh seluruh rohaniwan dan rohaniwati Katolik di Italia.

Tags : Paus Fransiskus , Ignatius Suharyo , Vatikan , Kardinal

Berita Terkait