Ketua KNPI Banten Rano Alfath Kecam Aksi Teror Terhadap Wiranto

| Kamis, 10/10/2019 17:06 WIB
Ketua KNPI Banten Rano Alfath Kecam Aksi Teror Terhadap Wiranto

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Ketua KNPI Provinsi Banten, Mohamad Rano Alfath mengaku perihatin dan mengecam aksi upaya penusukan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto di Menes, Pandeglang Banten, Kamis 10 Oktober 2019.

“Selain mencoreng nama baik Banten, insiden ini dinilai terlalu berlebihan dan berpotensi memicu gerakan radikalisme yang saat ini rentan berkembang di Indonesia,” kata Rano Alfath kepada radarbangsa.

Menurut Anggota DPR-RI Fraksi PKB asal Dapil Banten ini, tindakah penusukan terhadap Wiranto menjadi isu nasional. Untuk itu, ia meminta agar penyebaran paham radikal harus betul-betul diantisipasi oleh pihak keamanan.

“Ini menjadi isu nasional, bahwa paham radikalisme memang masih ada di masyarakat. Maka dari itu, kuantitas dan intensitas penyebaran paham tersebut harus terus dipantau dan dijaga oleh aparat,” tambahnya.

“Tentunya bukan aparat saja, tapi seluruh lapisan masyarakat juga harus turut membantu. Mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dan seterusnya. Awareness itu perlu ditingkatkan, karena paham radikal seperti itu bisa saja tumbuh di lingkungan sekitar kita.” jelasnya.

Terkait pelaku, Rano beranggapan bahwa aparat penegak hukum harus usut tuntas, tidak hanya diberi hukuman yang sesuai, tapi juga diungkap motifnya.

“Atas alasan apapun kekerasan, radikalisme dan anarkisme tidak sejalan dengan semangat kebangsaan kita. Kami sangat sayangkan bahwa insiden ini terjadi di Banten, daerah pendekar dengan semangat amar maruf nahi munkar. Kami berharap seluruh lapisan warga, jajaran pemerintah, dan kepolisian dapat menyelesaikan masalah ini yang dimulai dari Banten, sehingga dapat menjadi pembelajaran preventif kejadian serupa di tempat lain,” ungkap Rano.

Terakhir, legislator muda tersebut menyampaikan doa untuk keselamatan dan kesehatan Wiranto, “Semoga pak Wiranto lekas pulih dan dapat beraktivitas kembali seperti semula,” tutupnya.

Tags : Aksi Teror , Wiranto , KNPIBanten , Rano Alfath

Berita Terkait