PKB Siapkan Kader Terbaik untuk Menteri Kabinet Jokowi-Ma`ruf Amin

| Minggu, 13/10/2019 22:14 WIB
PKB Siapkan Kader Terbaik untuk Menteri Kabinet Jokowi-Ma`ruf Amin Logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). (Dok PKB)

SEMARANG, RADARBANGSA.COM - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan siap memberikan kader terbaik menjadi menteri pada Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dan KH Ma`ruf Amin. Bahkan, jika diberi tempat untuk 5 menteri pun PKB merasa logis dan siap.

Ketua DPP PKB Bidang Pendidikan dan Pesantren KH M Yusuf Chudlori mengatakan PKB selalu siap untuk diajak bicara tentang komposisi kabinet dan menyiapkan kader terbaiknya untuk duduk di kursi Menteri. Namun kader tersebut tetap rekomendasi dari Ketua Umum PKB.

"Memang soal Menteri adalah prerogatif Presiden, tapi kalau kader partai sebaiknya merupakan rekomendasi dan perintah dari Ketua Partai. Kalau PKB ya harus atas perintah Ketum PKB Gus Muhaimin. Ini akan lebih bisa dikontrol program-programnya kelak," kata pria yang akrab disapa Gus Yusuf ini dalam keterangan tertulis, Minggu, 13 Oktober 2019.

Baca Juga: CDI Tunjuk PKB Tuan Rumah Annual Assembly Meeting 2020

Ia menjelaskan, wajar jika PKB menyinggung soal kabinet karena menurutnya PKB adalah Partai Pengusung Jokowi dan KH Ma`ruf Amin. Bahkan Gus Yusuf menyatakan, PKB menjadi faktor penentu kemenangan Jokowi-Ma`ruf Amin terutama di Jateng dan Jatim.

"Dalam koalisi itu, PKB tidak hanya sebatas Pengusung, tetapi sangat terasa struktur dan caleg-caleg PKB bergerak masif untuk memenangkan Pasangan Pak Jokowi dan Kyai Ma`ruf," ujarnya.

"Terutama di Jawa Tengah dan Jawa Timur, PKB menjadi salah satu faktor penentu kemenangan Pak Jokowi. Juga kerja keras Jaringan Perempuan NU yang dikonsolidasi Waketum PKB Ibu Ida Fauziyah. Dan ini diakui oleh para pengamat politik, dengan membandingkan hasil Pilgub 2018," lanjut Gus Yusuf.

Gus Yusuf juga menyebutkan PKB berkontribusi meningkatkan perolehan suara Jokowi dibanding Pilpres 2014 lalu. Selain itu PKB juga banyak menepis isu negatif yang kerap menyerang mantan Wali Kota Solo itu.

"Tahun 2014, PKB mendapat 4 kursi. Kalau hari ini diberi 5 Menteri, saya kira wajar dan logis. Saya optimis Pak Jokowi menaruh perhatian terhadap peran PKB dan jatah Menteri untuk PKB," jelas pria yang juga menjabat Ketua DPW PKB Jateng itu.

Baca Juga: Prabowo dan SBY Temui Jokowi, PKB: Asal Jangan Mengganggu

Gus Yusuf juga menyinggung soal Undang-undang Pesantren yang menurutnya harus segera diimplementasikan. Hal itu harus selaras dengan Menteri Agama yang paham soal pesantren.

"Menteri Agama harus memiliki kultur dan ilmu tentang pesantren. Figurnya harus mempunyai suasana kebatinan yang pas dengan pesantren," pungkasnya.

Tags : PKB , Menteri Kabinet , Jokowi , Gus Yusuf