Sekjen PKB Ajak Generasi Muda Pahami Makna Sumpah Pemuda

| Senin, 28/10/2019 21:12 WIB
Sekjen PKB Ajak Generasi Muda Pahami Makna Sumpah Pemuda Sekjen DPP PKB, M Hasanuddin Wahid saat mengisi Sekolah Legislator PKB tingkat pusat, 1 Agustus 2019 (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Peran pemuda sangat penting dalam membangun dan memajukan bangsa. Memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 tahun ini, generasi muda diimbau untuk memahami makna Sumpah Pemuda yang disepakati sejak tahun 1928 silam.

Baca Juga: Hasanuddin Wahid Dorong Legislator PKB se-Sumatera Selatan Seperti Lebah

Sekretaris Jendral DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Hasanuddin Wahid mengatakan, tiga sumpah tersebut seharusnya menjadikan para pemuda pemudi Indonesia tergerak hatinya untuk memajukan bangsa, bukan sebaliknya. Karena, kecintaan pada Tanah Air dan bangsa merupakan sumpah para pemuda untuk setia pada NKRI.

"Tiga sumpah pemuda itu harusnya menjadikan generasi muda semakin cinta Tanah Air dan setia pada NKRI, bukan sebaliknya. Dengan kecintaan tersebut, maka Pemuda siap mengemban tanggung jawab memajukan bangsa dan negara," kata Hasanuddin kepada radarbangsa.com, Senin, 28 Oktober 2019.

Adapun isi sumpah pemuda tersebut antara lain, "Kami putra putri Indonesia mengaku: Bertumpah darah satu, tanah air Indonesia. Berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

Untuk itu, Cak Udin, sapaan akrabnya menilai generasi muda sekarang banyak yang melupakan tiga sumpah tersebut sehingga perlu diingatkan kembali. Cinta NKRI dengan menjaga tradisi dan kekhasan budaya Indonesia. Kemudian, menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar bukan mempopulerkan bahasa asing.

"Generasi muda perlu diingatkan kembali makna tiga sumpah itu. Cinta NKRI, menjaga tradisi dan budaya Indonesia dan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, bukan mempopulerkan bahasa asing di sini," tandasnya.

Baca Juga: Hasanuddin Wahid, Dari Sekum Pagarnusa Hingga Sekjen PKB

Tak lupa, Cak Udin pun mengajak generasi muda untuk terus meningkatkan keahlian dan kualitas diri. Karena itu juga bagian dari Sumpah Pemuda. Sehingga, generasi muda mampu membawa Indonesia lebih maju dan siap berkompetisi dengan negara lain.

"Generasi muda harus terus mengasah diri dengan keahlian dan meningkatkan kualitas diri, karena itu juga bagian dari Sumpah Pemuda. Mari bersama-sama kita bangun Indonesia yang lebih maju dan siap bersaing dengan negara lain," ucapnya.

Tags : Sumpah Pemuda , Hasanuddin Wahid , NKRI , Generasi Muda