Presiden Jokowi Apresiasi India Atas Dukungan Konsep ASEAN Outlook on Indo Pasific

| Senin, 04/11/2019 14:59 WIB
Presiden Jokowi Apresiasi India Atas Dukungan Konsep ASEAN Outlook on Indo Pasific Presiden Jokowi menghadiri KTT ASEAN India di Bangkok (foto: setkabgoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi  India yang telah memberikan dukungan terhadap ASEAN Outlook on Indo Pasific.

Menurut Retno, ada kesamaan aset antara ASEAN dengan India. Untuk itu, Presiden Jokowi, katanya, meminta keduanya harus saling mendukung terutama dalam bidang ekonomi.

“India memiliki juga pemikiran yang kurang lebih sama melalui SAGAR (Security And Growth for All in the Region). Oleh karena itu, Presiden juga mengatakan bahwa kalau kita lihat antara India dan ASEAN banyak sekali memiliki aset yang sama, yang dapat digunakan untuk saling mendukung,” kata Menlu Retno Marsudi.

Dikutip dari laman setkabgoid, malam penerapan konsep Indo Pasific, lanjut Menlu, India dan Indonesia sudah mulai melakukannya dengan menghubungkan antara Aceh dengan Andaman dan Nikobar.

Misalnya, adanya kapal dagang yang berlayar dari Banda Aceh ke Port Blair, dan juga promosi investasi di bidang infrastruktur untuk mendukung connectivity.

Tags : KTT ASEAN , India , Presiden Jokowi