Jokowi Ingatkan Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Harmonis

| Rabu, 13/11/2019 19:06 WIB
Jokowi Ingatkan Pemerintah Pusat dan Daerah Harus Harmonis Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @jokowi)

BOGOR, RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo meminta para pimpinan di daerah meningkatkan harmonisasi dan menjaga komunikasi yang erat dalam mengelola persoalan dengan baik. Hubungan yang erat itu juga harus berlangsung di tingkat kabupaten/kota.

Hal ini diutarakan Jokowi saat menyampaikan sambutan di Rakornas Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) 2019 di Sentul International Convention Center, Sentul, Bogor, Rabu 13 November 2019.

"Hubungan harmonis seperti itu akan sangat mempengaruhi tensi yang ada di daerah. Kalau ada salah satu yang tadi saya sebut tidak rukun satu saja, akan menjadi masalah besar dalam menangani setiap problem-problem yang ada di daerah," kata Jokowi.

Menurut Jokowi, banyak terjadi perubahan pola perilaku interaksi sosial dan komunikasi, sehingga jajaran aparat hukum pun harus berhati-hati dalam menangani setiap peristiwa sekecil apapun.

Jokowi menilai sejumlah insiden kecil dapat menyebabkan terjadinya gejolak politik dan keamanan melalui demonstrasi, seperti yang terjadi di sejumlah negara antara lain Hong Kong, Chili, dan Bolivia.

Selain itu, Jokowi juga bersyukur atas pertumbuhan ekonomi yang terjaga di atas 5 persen. Menurut dia, pertumbuhan ekonomi Indonesia tersebut tetap terjaga di tengah gejolak perekonomian dunia.

"Kita patut syukuri pertumbuhan ekonomi negara kita masih di atas 5 persen. Ini patut kita syukuri," kata Jokowi.

Tags : Jokowi , Forkopimda , Harmonis