COP25 Madrid Dibuka Hari Ini, Gus Muhaimin Ingin Paris Agreement Dioptimalkan

| Senin, 02/12/2019 15:30 WIB
COP25 Madrid Dibuka Hari Ini, Gus Muhaimin Ingin Paris Agreement Dioptimalkan Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar tiba di arena pembukaan COP 25 di Madrid, Spanyol (foto Twitter @cakiminow)

MADRID, RADARBANGSA.COM - Pembukaan Konferensi Perubahan Iklim Dunia (COP 25) di Madrid digelar hari ini, Senin 2 Desember 2019. Konferensi yang digelar atas inisiatif Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) ini diikuti oleh 29.000 peserta dari berbagai negara.

Wakil Ketua DPR RI, Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Muhaimin turut hadir dalam konferensi yang akan digelar hingga 13 Desember mendatang sebagai delegasi dari Indonesia.

Selain Gus Muhaimin, turut hadir Wakil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Alue Dohong, Direktur Jenderal Pengendalian Perubahan Iklim KLHK, Ruandha Agung Sugardiman, dan Kepala Badan Litbang dan Inovasi (BLI) KLHK, Agus Justianto.

Dalam kesempatan ini, Gus Muhaimin akan ikut serta mengajukan dan mendiskusikan gagasan mencegah dampak perubahan iklim di dunia internasional. Menurut dia, konferensi ini juga sarana implementasi Paris Agreement yang akan dimulai pada 2020.

“Secara historis Indonesia memiliki peran penting sebagai pionir Perjanjian Paris. Indonesia juga berkomitmen untuk mereduksi emisi pra 2020 yaitu sebesar 26 persen atas inisiatif Indonesia dan 41 persen dengan bantuan internasional,” kata Gus Muhaimin di Madrid, Senin 2 November 2019.

COP 25 sebelumnya akan digelar di Chili, namun situasi nasional Chili tidak memungkinkan hingga konferensi tersebut digelar di Madrid, Spanyol. Lebih dari 1.500 pekerja turut menyiapkan teknis konferensi ini dan melibatkan lebih dari 2.000 sukarelawan.

Agenda penting COP 25 yaitu menuntaskan hasil COP 24 di Polandia, Paket Katowice atau kumpulan prosedur dan mekanisme untuk implementasi Paris Agreement. Gus Muhaimin berharap substansi dari topik tersebut akan tuntas, sehingga Paris Agreement dapat dioperasionalkan secara penuh.

“Isu pentingnya pada Artikel 6 Paris Agreement, berkaitan dengan kerjasama internasional sukarela untuk reduksi emisi karbon. Termasuk menyangkut Perdagangan Karbon,” papar Gus Muhaimin.

Tags : Gus Muhaimin , PKB , COP25 , Madrid