Menteri Agus Terima Kunjungan Sekretaris Jenderal ASEAN di Kemendag

| Jum'at, 13/12/2019 21:00 WIB
Menteri Agus Terima Kunjungan Sekretaris Jenderal ASEAN di Kemendag Menteri Agus Suparmanto menerima Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock di Kantor Kemendag (foto: kemendag)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Perdagangan RI (Mendag), Agus Suparmanto menerima Sekretaris Jenderal ASEAN, Dato Lim Jock di Kantor Kementerian Perdagangan (Kemendag), Jakarta, Jumat 13 Desember 2019.

Pertemuan tersebut membahas tentang tindak lanjut penyelesaian perjanjian Kerja Sama Ekonomi Komprehensif Regional (Regional Comprehensive Economic Partnership/RCEP) menuju penandatanganan pada 2020 mendatang.

Selain itu, pertemuan itu juga membahas mengenai implementasi Cetak Biru Masyarakat Ekonomi ASEAN 2025. Cetak biru 2025 merupakan kelanjutan komitmen seluruh negara ASEAN setelah memasuki MEA 2015, dalam rangka meningkatkan kualitas integrasi dan pertumbuhan ekonomi di kawasan.

Peningkatan integrasi ini akan dilakukan melalui lima Pilar MEA 2025 yaitu Ekonomi ASEAN yang terintegrasi dan kohesif,  ASEAN yang kompetitif dan dinamis, peningkatan konektivitas dan kerja sama sektoral, ASEAN yang tangguh, inklusif, dan berorientasi serta fokus ke masyarakat dan ASEAN Global.

Rencana Aksi MEA 2025 antara lain fokus pada pemberdayaan UMKM, pengembangan e-commerce melalui digital ekonomi, pengharmonisasian kebijakan non-tarif, serta peningkatan interaksi ASEAN dengan perekonomian global.

Turut hadir mendampingi Menteri Agus Suparmanto, Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional, Imam Pambagyo dan Direktur Perundingan ASEAN, Donna Gultom.

Tags : Menteri Agus Suparmanto , ASEAN