PKB Berhasil Buka Posko di Kawasan Terisolir Banjir dan Longsor Lebak

| Senin, 13/01/2020 09:31 WIB
PKB Berhasil Buka Posko di Kawasan Terisolir Banjir dan Longsor Lebak Rombongan Tim PKB Peduli banjir dan longsor Lebak yang dikoordinir Efu Saefullah berjalan menuju kawasan Gunung Julang, Lebak (foto istimewa)

LEBAK, RADARBANGSA.COM - Dewan Pengurus Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kabupaten Lebak berhasil membuka posko bantuan di kawasan terisolir di Kampung Gunung Julang, Desa Lebaksitu, Kecamatan Lebak Gedong, Kabupaten Lebak.

Ketua DPC PKB Lebak, Efu Saefullah menyatakan, sejak musibah melanda pada 1 Januari 2020 yang lalu, daerah tersebut belum tersentuh bantuan karena akses menuju lokasi tertutup material banjir dan longsor.

Namun, dengan tekad yang kuat, Efu bersama dengan Tim PKB Peduli tetap nekad menerobos lokasi tersebut dengan berjalan kaki pada Sabtu, 11 Januari 2020. Mereka tak menghiraukan akses jalan yang sulit demi kemanusiaan.

“Kami membuka posko peduli bencana di kampung Gunung Julang. Hari ini berhasil memasuki kawasan terisolir, akibat akses jalan tertimbun tanah longsor. Kami kesini memberikan perhatian khusus, membantu warga kampung,” kata Efu.

Efu yang juga Anggota DPRD Provinsi Banten menambahkan, upaya PKB membuka posko bantuan bencana dilakukan dengan persiapan yang matang. Selama di sana, PKB memberikan bantuan berupa kebutuhan pokok dan bakti sosial.

“Berangkat dari DPC Lebak, Sabtu, pukul 07.30 WIB. Sampai lokasi pukul 16.30 WIB. Hari pertama kita pembagian minyak tanah sebanyak 100 liter dan 200 Lampu Tempel untuk kebutuhan penerangan. Juga pembagian BBM Pertalite untuk bahan bakar Genset Masjid dan warga sebanyak 100 liter,” imbuh Efu.

Tidak hanya itu, Efu dan tim juga melakukan pembersihan rumah dan sekolah dari puing-puing reruntuhan akibat banjir dan tanah longsor.

“Di hari kedua (Minggu kemarin) membersihkan sekolah satu atap, SD DAN SMP dan rumah yang terkena longsor. Serta mengamankan dan menyisihkan barang-barang yang masih bisa dipakai,” tukas Efu.

Diketahui, tim DPC PKB Kabupaten Lebak, Banten, juga melakukan pembagian  kebutuhan makanan, seperti mie instan, gula pasir, bubuk kopi, makanan balita dan anak, biskuit, minyak sayur, selimut, handuk, genset, lampu penerangan, hingga bersih-bersih lumpur di sekolah dan rumah warga.

Seluruh bantuan tersebut mereka kumpulkan dari sejumlah kalangan selama beberapa hari dan ditampung di kantor DPC PKB Lebak sebelum disalurkan, termasuk dari Ketua Umum DPP PKB, Abdul Muhaimin Iskandar.

Tags : PKB , Efu Saefullah , Lebak , Banjir , Longsor