Kemnaker Tegaskan Siap Kelola BLK Riau

| Minggu, 16/02/2020 21:08 WIB
Kemnaker Tegaskan Siap Kelola BLK Riau Ida Fauziyah (Menteri Ketenagakerjaan RI). (Foto: twitter @KemnakerRI)

PEKANBARU, RADARBANGSA.COM - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah menyambut positif rencana penyerahan pengelolaan UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Riau dari Provinsi Riau kepada Kementerian Ketenagakerjaan.

"Tentu saya menyambut baik rencana ini, tetapi tentu saya mengingatkan kepada Pemprov Riau untuk tidak meninggalkan tanggung jawabnya serta terus fokus dalam membangun SDM di Provinsi Riau," ujar Ida saat menjadi pembicara dalam acara kongres IV Ikatan Keluarga Alumni Universitas Islam Riau, Jumat, 14 Februari 2020.

Baca Juga: Menteri Ida Fauziyah: Jadikan K3 Sebagai Prioritas Dalam Bekerja

Dijelaskannya, antusiasme peminat pelatihan di BLK Riau ini cukup tinggi. Karena itu, Pemda juga perlu mempersiapkan APBD khusus untuk merevitalisasi sarana tersebut yang nantinya pemerintah pusat juga akan turut membantu.

Ida juga menyampaikan bahwa pentingnya melibatkan akademisi kampus dalam mendukung pembangunan SDM diera revolusi industri 4.0. Menurutnya, untuk dapat menghadapi kondisi ketenagakerjaan di masa mendatang, maka diperlukannya kebijakan ketenagakerjaan yang fleksibel, yang menciptakan ekosistem yang nyaman bagi penciptaan lapangan kerja kedepannya.

Baca Juga: Menaker Ida Fauziyah Imbau PMI di Singapura Tetap Tenang Hadapi Virus Corona

Kemudian, terkait pelatihan vokasi, Ida mendorong kedepannya harus semakin terintegrasi dengan Informasi Pasar Kerja, Pelayanan Penempatan Tenaga Kerja, serta Sistem Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Dia juga berpesan agar seluruh pemangku kepentingan di daerah, baik Pemerintah Daerah, Universitas, Dunia Usaha, dan Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) untuk mampu visioner, menangkap peluang, berkolaborasi, dan berinovasi dalam mengembangkan ekonomi daerahnya masing-masing.

"Saya berharap kepada Alumni Universitas Riau untuk bisa berkontribusi dan berpartisipasi untuk ikut membantu membangun SDM Indonesia, karena masa depan Indonesia ada dipundak kalian semua, "tutup Ida. 

Tags : Menaker , Ida Fauziyah , BLK Riau , SDM