Mahawan Karuniasa: Sudah Saatnya KPU Berperan Tentukan Kondisi Lingkungan

| Kamis, 05/03/2020 22:45 WIB
Mahawan Karuniasa: Sudah Saatnya KPU Berperan Tentukan Kondisi Lingkungan Mahawan Karuniasa, Direktur Environment Institute (paling kiri) saat menjadi narasumber diskusi di Cianjur (foto: Istimewa)

CIANJUR, RADARBANGSA.COM - Setiap pemimpin daerah tentu sangat berpengaruh pada kondisi ekonomi dan lingkungan di daerahnya. Oleh karena itu KPU melalui KPUD sangat berperan dalam menjaga lingkungan dari kerusakan, melalui kebijakannya dalam proses Pilkada serentak 2020.

Hal ini dikatakan Mahawan Karuniasa, Direktur Environment Institute dalam acara Ngobrol Aspirasi Lestari, di Gedung KNPI Kabupaten Cianjur, Kamis 5 Maret 2020, dalam rangka mendorong kesadaran kelompok millennial untuk menyuarakan pentingnya isu lingkungan dalam persaingan para calon pemimpin daerah.

Seperti diketahui bahwa pada tahun ini sedang dilaksanakan Pilkada serentak 2020 untuk 9 Pilgub, 224 Pilbup, dan 37 Pilwakot. Sedangkan bencana alam khususnya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor, dan angin putting beliung kejadiannya terus melonjak tajam sejak tahun 2002, dari 143 menjadi lebih dari 3700 kejadian di tahun 2019.

"Peran pemimpin daerah dalam mengelola tata ruang dan pembangunan daerahnya menjadi salah satu penentu mengurangi risiko bencana dan kerugian ekonomi karena kerusakan lingkungan. Kelompok millennial memiliki posisi penting untuk mewujudkan hal ini," tambahnya.

Oleh karena itu, lanjut Mahawan, sudah saatnya KPU turut berperan dan mengambil bertanggungjawab dalam urusan lingkungan dengan memastikan para calon pemimpin daerah memiliki visi dan misi lingkungan, yang juga sangat berkaitan dengan keberhasilan ekonomi daerah, demikian tutup Mahawan.

Tags : Mahawan Karuniasa , KPU , Pilkada , Lingkungan

Berita Terkait