Komisi X DPR Minta Lembaga Pendidikan Turut Sosialisasikan Bahaya Virus Corona

| Selasa, 10/03/2020 17:50 WIB
Komisi X DPR Minta Lembaga Pendidikan Turut Sosialisasikan Bahaya Virus Corona Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifuddian (foto: indonesiakeren)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Pemerintah beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa sudah 19 orang yang terbukti positif virus corona. Untuk itu, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudian menyerukan semua lembaga pendidikan, terutama sekolah harus ikut mensosialisasikan bahaya wabah virus Corona tersebut.

Baca Juga: Cegah Corona, Ketua Komisi X Minta Seluruh Disdik Edukasi Siswa dan Guru

Menurutnya, di bawah koordinasi Kemendikbud, sekolah-sekolah diimbau pro aktif menyebarkan informasi yang benar kepada para peserta didik. Langkah-langkah pencegahan harus terinformasikan dengan baik di semua lembaga pendidikan.

“Sebarkan informasi seluas-luasnya melalui berbagai media yang dimiliki Kemendikbud, seperti Youtube, atau infografis di media sosial,” ujar Hetifah dilansir dari dpr.go.id, Selasa, 10 Maret 2020.

Dijelaskannya, para guru berada di garda terdepan untuk memberi pemahaman kepada para siswa di sekolah, agar virus ini tak menyebar luas di Tanah Air. Informasi yang benar soal ini jadi keniscayaan untuk selalu disampaikan. Kepada orang tua di rumah, Hetifah juga berpesan agar tidak panik dan membantu mengedukasi putra-putrinya.

“Virus corona menyerang individu yang memiliki kekebalan tubuh rendah. Ajarkan anak untuk makan sehat, minum vitamin, olahraga, dan cuci tangan dengan sabun," imbuh politisi Partai Golkar itu.

Baca Juga: Komisi X DPR Ingin Pendidikan Vokasi Ciptakan Pengusaha Muda

Ia juga mengimbau pihak sekolah agar membersihkan sanitasinya. Di setiap toilet sekolah harus selalu tersedia sabun tangan.

Para siswa harus sering mencuci tangan di jam sekolah, baik sebelum dan sesudah makan. Sesudah bermain juga tetap harus cuci tangan agar kebersihan diri dan lingkungan tetap terjaga. Sekolah, lanjut legislator asal Kalimantan Timur ini, juga perlu berkoordinasi dengan Puskesmas setempat untuk melakukan pemeriksaan kesehatan para siswa dan guru secara berkala.

Tags : DPR RI , Virus Corona , Lembaga Pendidikan , Guru