Bantu Penanganan Covid-19, Komisi X DPR Dorong Perkuat Keterlibatan Perguruan Tinggi Swasta

| Kamis, 23/04/2020 19:27 WIB
Bantu Penanganan Covid-19, Komisi X DPR Dorong Perkuat Keterlibatan Perguruan Tinggi Swasta Anggota DPR RI FPKB Muhammad Kadafi saat RDP beberapa waktu lalu (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Penyebaran Covid-19 seluruh Indonesia kini makin masif. Seluruh komponen masyarakat ikut membantu pemerintah menanganinya. Termasuk perguruan tinggi swasta (PTS) yang memiliki rumah sakit di berbagai daerah.

“Sebab itu, sudah sangat tepat langkah pemerintah memberdayakan PTS yang dominan dengan program studi kesehatan dan memiliki rumah sakit dalam penanganan Covid-19 ini,” kata Anggota Komisi X DPR-RI, Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (FPKB), Dr Muhammad Kadafi dalam rapat dengar pendapat dengan sejumlah PTS dan Dikrektur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Prof. Nizam PhD secara virtual.

Salah satu contohnya adalah Pemerintah Provinsi Lampung menggandeng Rumah Sakit Bintang Amin-Pertamina, Bandar Lampung, sebagai rujukan Covid-19 di Provinsi Lampung. Rumah sakit ini adalah bagian dari Universitas Malahayati yang memang memiliki program studi kesehatan.

Langkah yang sama sudah dilakukan oleh sejumlah PTS yang ada di Indonesia. Misalnya, Universitas Pelita Harapan yang memiliki jaringan Rumah Sakit Siloam, dan Universitas Abulyatama dengan Rumah Sakit Pertamedika-Ummi Rosnadi di Banda Aceh. Begitu juga dengan Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Yarsi, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Islam Sumatera Utara, dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

Dalam rapat itu, Komisi X meminta Kemendikbud memperkuat peran kampus tersebut untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, “PTS mudah berkoordinasi dengan rumah sakit sebab dalam satu lingkup, penyiapan sumber daya manusia juga lebih mudah, karena pada dasarnya SDM kesehatan memang mempelajari keilmuan terkait,” kata Kadafi.

Karena itu, Komisi X meminta pemerintah perlu membantu seluruh PTS ini, terutama untuk kelengkapan laboratorium, APD dan suplemen multi vitamin agar SDM yang terlibat tidak menjadi korban. “Dengan kerjasama PTS dan berbagai pihak di pemerintahan daerah tentunya upaya mengurangi dampak penyebaran virus Covid-19 ini akan ada hasilnya,” kata Kadafi.

Tags : Muhammad Kadafi , PKB , Komisi X

Berita Terkait