KJRI Cape Town Fasilitasi Kepulangan 15 ABK Sinsei Maru ke Tanah Air

| Senin, 27/04/2020 16:18 WIB
KJRI Cape Town Fasilitasi Kepulangan 15 ABK Sinsei Maru ke Tanah Air KJRI Cape Town fasilitasi kepulangan ABK WNI ke tanah air (foto: kemlugoid/ KBJRI Cape Town)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - KJRI Cape Town berkoordinasi dengan berbagai pihak telah fasilitasi kepulangan 15 ABK WNI kapal Shinsei Maru No. 3 dan 28 ABK WNI kapal Fukukyu Maru No. 51 yang bersandar di Pelabuhan Cape Town 24 April 2020 lalu.

Kapal Fukukyu No. 51 telah bersandar di Pelabuhan Cape Town sejak 16 April 2020. Para ABK memutuskan untuk berhenti dan menyelesaikan kontrak kerja. KJRI Cape Town mendampingi para ABK untuk penyelesaian kontrak dan mengupayakan pemulangan para ABK.

“KJRI Cape Town berkoordinasi dengan pihak agen kapal, telah diputuskan bahwa Kapal Fukukyu Maru No. 51 melanjutkan perjalanan kembali selama 20 hari menuju Pelabuhan Ciwandan, Banten dengan para ABK WNI,” bunyi rilis KJRI Cape Town yang dilansir kemlugoid, Senin 27 April 2020.

Kapal tersebut tidak pernah transit di negara episentrum virus corona sehingga otoritas kesehatan setempat menyatakan para ABK berisiko rendah terinfeksi virus corona. Setibanya di Indonesia, pihak agen akan mengurus kepulangan para ABK ke daerah asal masing-masing.

Sementara itu, Kapal Shinsei Maru No. 3 sudah tidak layak beroperasi dan kebijakan lockdown Pemerintah Afrika Selatan mempersulit perbaikan kapal. Seluruh awak kapal yang terdiri dari 28 ABK WNI dan 5 orang Jepang diperbolehkan untuk pulang ke negaranya masing-masing.

Tags : KJRI Cape Town , ABK Sinsei Maru

Berita Terkait