Dirut MRT Beri Lima Saran Pemulihan dari Covid-19

| Selasa, 19/05/2020 15:45 WIB
Dirut MRT Beri Lima Saran Pemulihan dari Covid-19 Salah Satu Jenis Masker (Foto: Merdeka)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur Utama PT MRT Jakarta (Perseroda) William Sabandar memberikan lima saran keberhasilan pemulihan pasca pandemi COVID-19. Lima saran tersebut ia ambil dari pembelajaran selama terlibat dalam rekonstruksi pascabencana Cyclone Nargis di Myanmar pada 2008 dan Tsunami Aceh dan Nias pada Desember 2004 silam.

“Pertama, kepemimpinan. Kita membutuhkan kepemimpinan yang kuat di tingkat internasional, nasional, hingga lokal. Pemimpin harus bisa menetapkan visi pemulihan yang akan menginspirasi masyarakat serta memimpin untuk gerak bersama. Kepemimpinan yang kuat akan menuntun kepada pemulihan yang sukses dan berkelanjutan,” jelasnya dalam keterangan resmi,  Kamis, Mei 2020.

Kedua. Mekanisme yang terkoordinasi secara keseluruhan, dari pusat hingga lokal.

“Koordinasi tidak hanya di tahap respons namun juga pemulihan. Mekanisme koordinasi yang baik akan membutuhkan sistem perencanaan yang baik dan instrumen pelaksanaannya,” lanjutnya.

Ketiga, Data dan sistem informasi yang dapat dipercaya.

“Perlunya kajian kebutuhan, pengelolaan data, perencanaan yang ditinjau secara periodik, akuntabel, dan laporan audit. Manajemen data dan informasi yang terpercaya merupakan bagian dari tata kelola pemerintahan yang terpercaya,” ujarnya.

Keempat, Partisipasi penuh dari Masyarakat.

“Kesukarelawanan dan keterlibatan publik sangat penting dalam masa pemulihan. Pemerintah perlu menciptakan kanal bagi kesukarelawanan dan keterlibatan masyarakat. Di Jakarta, selama pandemik, meluncurkan kolaborasi sosial berskala besar (KSBB) yang memungkinkan bantuan dari masyarakat, melalui masyarakat, dan untuk masyarakat,” jelasnya lagi. Dan terakhir lanjutnya, adanya proses transisi yang baik dari fase respons ke pemulihan hingga ke restorasi menuju situasi normal baru.

Tags : MRT , Saran , Pandemi