Prabowo, Cak Imin, Hingga Erick Thohir Berpeluang Besar Maju Pilpres 2024

| Sabtu, 20/06/2020 12:13 WIB
Prabowo, Cak Imin, Hingga Erick Thohir Berpeluang Besar Maju Pilpres 2024 Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto menemui Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar di kantor DPP PKB (foto Radarbangsa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Direktur lembaga Indopolling, Wempy Hadir memprediksi peta politik pada Pilpres 2024 mendatang bakal dibagi dalam tiga poros koalisi. Ketiganya diisi oleh tokoh-tokoh politik nasional yang sudah gandrung sejauh ini.

Menurut Hadir, poros pertama diprediksi bakal diisi koalisi Gerindra-PDI Perjuangan, dan mungkin bersama PPP dengan bakal calonnya antara lain: Prabowo Subianto, Puan Maharani, Ganjar Pranowo, Tri Rismaharini.

Poros kedua, koalisi Nasdem-PKS-PAN dengan bakal calonnya Anies Baswedan, Susi Pudjiastuti, dan Ridwan Kamil. Poros ketiga, koalisi PKB-Golkar-Demokrat dengan bakal calonnya Muhaimin Iskandar, Erick Thohir, Airlangga Hartanto, dan Agus Yudhoyono.

"Kita tahu bahwa Erick Thohir saat ini adalah Menteri BUMN dan juga menjadi banyak perbincangan publik. Selain itu rekam jejak Erick Thohir juga cukup bagus di mata publik," kata Hadir, dalam diskusi daring yang digelar Political and Public Policy Studies melalui Zoom, di Jakarta, Jumat, 19 Juni 2020.

Di poros pertama, Hadir menyatakan, Prabowo Subianto memiliki latar belakang yang tak bertolak belakang dengan PDI Perjuangan jika dilihat sikap Prabowo membangun komunikasi dengan Megawati Soekarnoputri pada 24 Juli 2019 yang lalu.

Lalu poros kedua, kata Hadir, adalah poros partai yang diprediksi akan condong kepada nama-nama alternatif yang juga kuat seperti Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, Susi Pudjiastuti, dan Ridwan Kamil.

Selain itu, Hadir melanjutkan, nama Cak Imin, AHY, dan Airlangga Hartarto juga bisa jadi bakal calon presiden atau wakil presiden dari poros ketiga.

Namun tentu, nama-nama itu masih sangat dinamis. Artinya masih ada potensi untuk melakukan penjajakan kerja sama atau koalisi lain menuju Pemilu 2024 yang berlangsung empat tahun lagi

Tags : Cak Imin , Prabowo Subianto , Pilpres 2024

Berita Terkait