Mendes PDTT Sebut Petani dan Buruh Tani Penerima Terbanyak BLT Dana Desa

| Senin, 22/06/2020 21:26 WIB
Mendes PDTT Sebut Petani dan Buruh Tani Penerima Terbanyak BLT Dana Desa Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesagoid)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa PDTT Abdul Halim Iskandar mengatakan bahwa penerima terbanyak Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa adalah para petani dan buruh tani yang banyak tinggal di pedesaan.

"Karena memang kenyataan di desa paling banyak itu (petani)," kata Gus Menteri, sapaan akrabnya dalam konferensi pers tentang penyaluran BLT Dana Desa melalui webinar Kemendes PDTT, Jakarta, Senin, 22 Juni 2020.

Kemendes PDTT mendata total Keluarga Penerima Manfaat (KPM) BLT Dana Desa sampai dengan 21 Juni 2020 ada sebanyak 7. 181.331 KPM. Dari total KPM tersebut, sebanyak 88 persen penerima berasal dari keluarga petani atau buruh tani.

"Ini selaras dengan kondisi desa-desa kita yang memang mayoritas adalah kawasan atau lahan pertanian," tutur Gus Menteri.

Sementara itu, Gus Menteri berharap penyaluran BLT Dana Desa tahap pertama dapat selesai semua pada Juni ini sehingga penyaluran BLT Dana Desa tahap kedua pada bulan berikutnya dapat lebih difokuskan dan dipercepat.

"Penyaluran BLT tahap kedua untuk triwulan pertama sudah berjalan, bahkan sudah ada juga yang sudah masuk pada penyaluran bulan ketiga triwulan pertama. Bulan Juli yang akan datang kita akan masuk pada atau mulai penyaluran pertama triwulan kedua dengan nominal Rp300 ribu per KPM," tandasnya.

Tags : Mendes PDTT , Dana Desa , BLT , COVID-19 , Petani

Berita Terkait