Nihayah Center dan NU Bekasi Rapid Test Santri Darussalam Sebelum Balik Mondok

| Kamis, 02/07/2020 13:04 WIB
Nihayah Center dan NU Bekasi Rapid Test Santri Darussalam Sebelum Balik Mondok Dua orang santri Ponpes Darussalam, Blokagung, Banyuwangi mengikuti Rapid Test di kantor PCNU Kota Bekasi sebelum kembali ke Ponpes (foto Radarbangsa)

BEKASI, RADARBANGSA.COM - Sejumlah Pondok pesantren di Indonesia memasuki masa normal baru. Ribuan santri pun mulai kembali ke Pesantren masing-masing dan kembali beraktivitas dengan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Demikian yang dilakukan oleh santri Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur. Sejak masa normal baru diberlakukan, para santri yang berasal dari berbagai daerah mulai kembali ke Pesantren Darussalam secara bertahap.

Pada Kamis, 2 Juli 2020, kelompok santri Darussalam yang berasal dari wilayah Jabodetabek mengikuti Rapid Test sebagai syarat kembali ke Pesantren. Mereka berkumpul di kantor PCNU Kota Bekasi dan secara bergantian dicek kesehatan oleh petugas.

“Ada sekitar 30 santri Darussalam yang mau balik. Kita fasilitasi Rapid Testnya di sini (kantor PCNU Kota Bekasi), lalu nanti bersama-sama berangkat ke Darussalam pakai bis,” kata Ketua Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Kota Bekasi, Wildan Fathurrahman di Bekasi.

Menurut Wildan, aksi sosial itu terselenggara berkat support dari Tim Nihayah Center di bawah arahan Anggota DPR RI Fraksi PKB, Nihayatul Wafiroh. Wildan berharap kegiatan serupa juga bisa dilakukan di seluruh Indonesia, terutama oleh keluarga besar NU.

“Saya atasnama LKNU Kota Bekasi tentu berterimakasih atas support Bu Nyai Nihayah. Semoga aksi seperti ini juga dilakukan oleh teman-teman yang lain,” tutur Wildan.

Sebelumnya, aksi serupa juga dilakukan oleh Banser Provinsi Bali pada Rabu, 1 Juli 2020 kemarin. Mereka membantu proses pemeriksaan hingga pengawalan rombongan santri Darussalam Bali yang akan kembali ke Pesntren, termasuk fasilitas Rapid Test.

Ninik (sapaan karib Nihayatul Wafiroh) mengaku salut sekaligus berterimakasih atas partisipasi Banser dan keluarga besar NU terhadap para santri Darussalam.

“Atas nama keluarga besar Darussalam kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya. Hormat setinggi-tingginya pada Banser. Btw semoga banser daerah lain juga terjun langsung ya,” tulis Ninik di laman Twitter pribadinya.

Tags : Covid19 , Nihayah Center , NU , Darussalam

Berita Terkait