99 Daerah Berhasil Menetap di Zona Hijau Covid-19

| Jum'at, 03/07/2020 21:46 WIB
99 Daerah Berhasil Menetap di Zona Hijau Covid-19 Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito (foto: humas bnpb)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – Ketua Tim Pakar Gugus Tugas Nasional Prof. Wiku Adisasmito mengungkapkan, perkembangan jumlah wilayah administrasi di Indonesia yang berstatus zona hijau mencapai 99 daerah.

"Jumlah berstatus zona hijau ditetapkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 (Gugus Tugas Nasional) per 28 Juni 2020," kata Prof Wiku dalam keterangan pers di Graha BNPB, Jakarta, Jumat 3 Juli 2020.

Menurut Wiku, daerah zona hijau tersebut terdiri dari 66 daerah yang sejak awal tidak memiliki kasus positif COVID-19 dan 33 daerah yang pernah memiliki kasus namun tidak ada penambahan kasus baru selama empat minggu terakhir.

“Yang disebut tidak ada kasus baru itu adalah selama empat minggu terakhir tidak ada kasus baru, dan kasus yang ada (sudah) sembuh seratus persen,” ujarnya.

Lebih lanjut, kata Wiku, pembaruan perubahan peta zonasi risiko COVID-19 di Indonesia dilakukan setiap minggu sehingga pemerintah daerah dan masyarakat dapat melakukan penyesuaian diri. 

“Dari Mei sampai dengan tanggal 28 Juni di situ terlihat daerah merahnya dari banyak, makin lama, makin turun. Artinya risiko peningkatan kasusnya dari waktu ke waktu turun,” jelasnya.

Tags : Virus Corona , Covid19 , Gugus Tugas

Berita Terkait