Wiku: Standarisasi Harga Tes PCR Masih Dirumuskan

| Jum'at, 11/09/2020 19:25 WIB
Wiku: Standarisasi Harga Tes PCR Masih Dirumuskan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid19 Prof Wiku Adisasmito (foto: istimewa)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof. Wiku Adisasmito menyebut saat ini penerapan standar harga tes PCR saat ini masih dalam tahap perumusan. Ia menegaskan hal itu saat menjawab pertanyaan media dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Kamis, 10 September 2020.

"Proses dilakukan dengan keterlibatan berbagai pihak penyelenggara, urusan bidang kesehatan, termasuk penyelenggara kesehatan, Kementerian Kesehatan baik swasta maupun pemerintah, serta provider dari PCR ataupun reagen," kata Wiku.

Ia menyatakan, setelah pemerintah memutuskan hasilnya segera disampaikan ke publik. Bahkan segera ditetapkan sehingga fasilitas kesehatan penyelenggara PCR dapat menggunakan standarisasi harga.

"Setelah dirumuskan, kami akan secara transparan kepada publik dan menetapkan pada laboratorium-laboratorium penyelenggara testing PCR tersebut," tutupnya.

Diketahui kondisi saat ini harga tes PCR di berbagai fasilitas kesehatan masih bervariasi satu dengan lainnya. Bervariasinya harga tersebut disebabkan keterbatasan stok reagen di lapangan.

Tags : Tes PCR , Satgas , COVID-19 , Indonesia

Berita Terkait