KJRI Cape Town Operasikan SIMKIM Mobile di Atas Kapal

| Rabu, 16/09/2020 14:56 WIB
KJRI Cape Town Operasikan SIMKIM Mobile di Atas Kapal Menghadapi lockdown tahap kedua ini pihaknya mengoperasikan Sistem Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) secara mobile untuk pertama kalinya (foto: kemlugoid)

CAPE TOWN, RADARBANGSA.COM - Perwakilan Indonesia terus berinovasi dalam memberikan pelindungan dan pelayanan kekonsuleran bagi para WNI di luar negeri.

Salah satunya adalah KJRI Cape Town, Afrika Selatan, menghadapi lockdown tahap kedua ini pihaknya mengoperasikan Sistem Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) secara mobile untuk pertama kalinya untuk seorang pelaut yang berada di atas kapal Sung Ho yang bersandar di Pelabuhan Cape Town, Selasa 15 September 2020.

Paspor yang bersangkutan telah habis masa berlakunya pada 14 September 2020 sehingga telah diklasifikasikan sebagai undesirable person oleh pihak imigrasi Pelabuhan Cape Town.

Atas kerja sama yang baik antara KJRI Cape Town, Hanill Import & Export CC sebagai agen perusahaan kapal, dan otoritas Pelabuhan Cape Town, KJRI Cape Town dapat melakukan pembaharuan paspor menggunakan SIMKIM Mobile di atas kapal untuk pertama kalinya.

Baik kapten maupun awak kapal In Sung Ho menyambut baik dan memfasilitasi jaringan internet di atas kapal guna koneksi langsung ke server SIMKIM. Atas dukungan mereka, data personal maupun biometrik Sumarto dapat diunggah secara langsung ke SIMKIM sehingga Sumarto dapat menerima paspor barunya sebelum kapal kembali berlayar dalam bulan depan. 

Tags : WNI , Kemenlu , KJRI Cape Town