Banjir Bandang Terjang Cicurug Sukabumi, Belasan Rumah Hanyut

| Selasa, 22/09/2020 07:47 WIB
Banjir Bandang Terjang Cicurug Sukabumi, Belasan Rumah Hanyut Sebuah kendaraan hanyut terbawa derasnya banjir bandang di Cicurug Sukabumi (foto BNPB)

SUKABUMI, RADARBANGSA.COM - Sebanyak 12 rumah warga di Kecamatan Cicurug, Sukabumi hanyut diterjang banjir bandang yang terjadi pada Senin, 21 September 2020. Tak hanya itu, 85 rumah juga terendam di beberapa perkampungan di Kecamatan Cicurug.

Selain menyebabkan belasan rumah terbawa hanyut air banjir bandang, sejumlah kendaraan baik roda dua maupun empat juga ikut terbawa hanyut. Dua warga yang merupakan pembuat roti pun ikut menjadi korban dan hingga kini masih dalam pencarian.

Koordinator Pusat Pengendalian Operasi BPBD Kabupaten Sukabumi Daeng Sutisna mengatakan, beberapa kampung yang terdampak banjir tersebut yakni Kampung Cipari, Desa Cisaat, Kampung Cibuntu, Desa Pasawahan, Kampung Belakan Aspol, Kelurahan Cicurug, Kampung Nyangkowek RT 002/007, Desa Mekarsari, Kampung Lio RT 002/005, Desa Mekarsari dan Perum Setiabudi, Desa Bangbayang.

Ia mengatakan, untuk warga yang rumahnya terbawa arus air dan terendam banjir sudah dievakuasi dan diungsikan ke beberapa lokasi seperti ruangan puskesmas pembantu dan rumah warga lainnya yang lebih aman.

"Kerugian akibat bencana banjir bandang ini masih dalam pendataan, jika melihat kondisi rumah dan sejumlah kendaraan yang tersapu derasnya arus banjir mencapai ratusan juta hingga miliaran rupiah," tambahnya.

Daeng mengatakan, untuk bantuan darurat sudah dikirim ke beberapa lokasi untuk meringankan warga yang terdampak banjir bandang tersebut, bantua itu berupa makanan instan, siap saji dan perlengkapan lainnya.

Pihaknya, lanjut ia, sudah berkoordinasi dengan instansi lainnya seperti TNI dan Polri untuk melakukan pengamanan antisipasi ada oknum yang memanfaatkan bencana dengan mencuri barang milik korban.

Tags : Banjir Bandang , Sukabumi

Berita Terkait