Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren

| Jum'at, 23/10/2020 18:22 WIB
Gus Menteri Ajak Santri Perkokoh Tradisi Pesantren Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar didaulat menjadi lurah santri Indonesia dalam peringatan Hari Santri Nasional 2020 di Malang (foto: istimewa)

MALANG, RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menghadiri Hari Santri 2020 yang digelar di Pondok Pesantren Sabilur Rosyad di Malang, Kamis 22 Oktober 2020.

Dalam perhelatan itu, Gus Menteri, sapaan akrabnya diberi gelar Lurah Santri yang disematkan oleh Pimpinan Pondok Pesantren Sabilur Rosyad KH Marzuki.

Gus Menteri mengatakan, momentum Hari Santri 2020 sangat luar biasa karena memang kondisinya seperti itu, "Oleh karena itu, saya mengajak kepada seluruh santri di Indonesia untuk tetap teguh dan kuat menghadapi berbagai situasi. Ini adalah ujian bagi kita bangsa Indonesia," kata Gus Menteri.

"Saya yakin santri lah yang menjadi solusi terhadap berbagai persoalan di Indonesia," sambung Gus Menteri.

Gus Menteri mengajak para santri Indonesia untuk menyatukan barisan, kuatkan tali persahabatan dan terus mengusung semangat para Aulia dan Ulama, "Utamanya KH Hasyim Asy`ari yang atas momentum Resolusi Jihad nya menjadi Hari Santri," kata Gus Menteri.

Gus Menteri mengajak seluruh santri untuk terus memegang kokoh tradisi pesantren. Ini adalah budaya yang tidak dimiliki bangsa lain dan hanya ada di Indonesia.

"Tradisi pesantren yang diwariskan para Ulama harus terus kita Lestarikan dan lanjutkan. Yaitu kesederhanaan, keterbukaan, kemudian kepercayaan. Dan tidak kalah penting tradisi santri selalu ada pasar posisi tengah Tawasud," kata Gus Menteri.

Tags : Hari Santri Nasional , Gus Menteri

Berita Terkait