ICM Minta Tim Novel Baswedan Dilibatkan Buru Harun Masiku

| Senin, 02/11/2020 08:08 WIB
ICM Minta Tim Novel Baswedan Dilibatkan Buru Harun Masiku Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

JAKARTA, RADARBANGSA.COM - Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Kurnia Ramadhana meminta Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melibatkan tim satuan tugas yang dipimpin Novel Baswedan untuk memburu buronan Harun Masiku.

Dia mengatakan, keberhasilan tim satgas yang dipimpin Novel dalam meringkus buronan penyuap eks Sektertaris Mahkamah Agung (MA), Nurhadi, Hiendra Soenjoto layak untuk diapresiasi.

"Namun semestinya hal itu juga dapat diikuti oleh Tim Satuan Tugas yang menangani buronan lainnya, salah satunya Harun Masiku," kata Kurnia dalam keterangannya, Minggu, 1 Oktober 2020.

Menurut Kurnia, sejak Harun Masiku ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO) sembilan bulan lalu, KPK terlihat enggan untuk meringkus mantan calon legislatif PDI Perjuangan tersebut.

"Maka dari itu, ICW mengusulkan agar tim Satgas pencarian Harun Masiku dapat dievaluasi, bahkan lebih baik dibubarkan saja," ujarnya.

Sebagai alternatif, kata Kurnia, tim satgas yang dipimpin Novel yang berhasil meringkus Nurhadi, Rezky Herbiyono dan Hiendra dapat diberdayakan untuk dapat segera meringkus Harun Masiku.

"Jika tidak dilakukan evaluasi terhadap tim yang mencari Harun Masiku, maka diduga keras ada beberapa pihak di internal KPK yang ingin melindungi buronan tersebut," kata Kurnia.

Tags : KPK , ICW , Harun Masiku

Berita Terkait