Presiden Jokowi: Pandemi Momentum Percepatan Ekonomi Digital

| Kamis, 19/11/2020 15:01 WIB
Presiden Jokowi: Pandemi Momentum Percepatan Ekonomi Digital Presiden Joko Widodo (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, krisis akibat pandemi COVID-19 yang melanda dunia saat ini harus dimanfaatkan untuk melakukan percepatan pengembangan ekonomi digital di Indonesia. 

“Ini adalah kesempatan untuk mengejar ketertinggalan kita di saat banyak negara maju mengalami kemunduran, kesempatan untuk membenahi berbagai kelemahan fundamental, kesempatan untuk mengeksekusi strategi besar kita.  Salah satu momentum yang bisa kita manfaatkan adalah percepatan pengembangan ekonomi digital,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutan virtualnya pada ajang Google for Indonesia (Google4ID) 2020, Rabu 18 November 2020.

Menurut Presiden Jokowi, potensi pasar digital Indonesia tumbuh sangat menjanjikan. Penetrasi pasar internet setiap tahun juga meningkat sangat signifikan dan  infrastruktur digital telah dibangun menjangkau seluruh pelosok negeri.  

“Saya yakin ekonomi digital akan bisa menciptakan lebih banyak lapangan kerja baru,” ujarnya.

Ekonomi digital, imbuhnya, juga sangat potensial dikembangkan pada sektor UMKM. “Ada 64 juta UMKM, baru 8 juta atau 13 persen saja yang terintegrasi dengan teknologi digital. Jika seluruhnya terintegrasi dengan teknologi digital, pertumbuhannya akan semakin besar,” ujar Presiden.

Tags : Industri Digital , Presiden Jokowi

Berita Terkait