Nihayatul Wafiroh Ingatkan Pilkada Harus Berpegang Teguh ke Pancasila

| Minggu, 15/11/2020 13:10 WIB
Nihayatul Wafiroh Ingatkan Pilkada Harus Berpegang Teguh ke Pancasila Suasana Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan yang digelar Wakil Ketua Komisi IX DPR RI di Situbondo (foto istimewa)

SITUBONDO, RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Nihayatul Wafiroh mengingatkan, pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2020 harus dilaksanakan berdasarkan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Praktik politik yang berpotensi memecah belah anak bangsa mesti dihindarkan karena bertentangan dengan semangat ideologi negara.

"Pilkada 2020 ini tentu harus berpegang teguh pada Pancasila. Jangan sampai Pilkada justru memecah belah kita,” kata Ninik saat menggelar Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di Aula PP Sabilul Mubtadiin, Situbondo, Sabtu, 14 November 2020.

Menurut Ninik, Indonesia merupakan negara kepulauan dengan berbagai macam suku bangsa serta adat istiadat yang beragam. Dalam setiap suku bangsa, tersimpan kekayaan dan nilai yang menjadi penuntun arah dalam bermasyarakat termasuk dalam kehidupan berpolitik seperti Pilkada.

“Karena itu, tidak boleh berpolitik bertentangan dengan nilai-nilai Pancasila hanya karena ingin menang dalam Pilkada," kata Ninik.

Wakil Sekretaris Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) DPR RI ini menyatakan, proses demokrasi seperti Pilkada bukan semata-mata untuk merebutkan kekuasaan politik dalam waktu lima tahun di suatu daerah.

Pilkada mesti dilihat sebagai momentum konsolidasi gagasan dan pemikiran terbaik untuk membangun daerah demi mewujudkan cita-cita keadilan sosial.

Hal ini akan terwujud hanya dengan syarat, semua calon kepala daerah dan wakil kepala daerah maupun Partai Politik dan tentunya masyarakat, sepakat untuk meninggalkan cara-cara lama dalam berpolitik. Ketidakadilan sosial diberikan solusi dan masyarakat jangan diracuni oleh uang receh hanya karena mengejar kekuasaan.

"Pilkada bukan an sich untuk perebutan kekuasaan, kita terjemahkan sangat dalam yaitu bagaimana menghasilkan pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah yang betul-betul jadi role model yang menjadi pembaharu dan mampu memajukan daerahnya," ungkap Ninik.

Untuk diketahui, Sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan ini diikuti oleh 150 peserta dari berbagai latarbalakang serta menerapkan protokol kesehatan. Acara ini berlangsung interaktif. Sejumlah peserta nampak aktif mengajukan pertanyaan dan saling mendiskusikan berbagai persoalan, terutama terkait Pilkada di Situbondo.

Tags : Nihayatul Wafiroh , PKB , Pancasila

Berita Terkait