Ribuan Personil TNI-Polri Dikerahkan Amankan Pilkada Tangsel

| Rabu, 09/12/2020 09:56 WIB
Ribuan Personil TNI-Polri Dikerahkan Amankan Pilkada Tangsel Polri telah menyiapkan ratusan ribu personel untuk mengamankan proses tahapan Pemilu serentak tahun 2019. (Foto: merdekacom)

RADARBANGSA.COM - Polres Kota Tangerang Selatan menerjunkan ribuan personil untuk menjaga pelaksanaan Pilkada. Setiap TPS dijaga sampai 2 sampai 12 personel kepolisian dan TNI.

Wakapolres Tangerang Selatan Kompol Stephanus Luckyto menuturkan, total ada 2.100 personil gabungan TNI dan Polri yang diterjunkan. Dia juga sudah memetakan mata TPS yang rawan dan tidak sekaligus mengimbau para paslon diminta tidak mengerahkan massa karena tengah dalam pandemi COVID-19.

 

"Jika terjadi pelanggaran ada sanksi atau aturan yang kami tegakkan kepada paslon ini," kata Luckyto kepada wartawan, Rabu, 9 Desember 2020.

Selain itu, paslon juga diminta tak melakukan perayaan jika memenangu Pilkada. Ini mengingat angka penyebaran COVID-19 yang semakin tinggi di Tangsel.

"Timses cukup paham situasi seperti ini karena kurang lebih 3 bulan kita melaksanakan kampanye, mereka cukup tertib dan disiplin dalam menjalankan prokes," jelas Luckyto.

Ia mengatakan, di setiap TPS bakal ditempatkan tim pemburu COVID-19. Tim ini memastikan protokol kesehatan berjalan baik. "Kami ingin memastikan prokes sudah diterapkan di TPS tersebut," jelas dia.

Luckyto pun meminta masyarakat tak panik saat pilkada hari ini, mengingat situasi di Tangsel kondusif. Pihaknya telah menetapkan tiga target terhadap pemilihan pilkada ini.

Pertama, tidak terjadi gangguan kamtibmas. Kedua, tidak adanya klaster baru akibat pilkada. Dan ketiga adalah tingginya tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan.

Tags : Pilkada , TNI , Polri