Dawam-Azwar Unggul Versi Hitung Cepat, Ini Komentar Tim Pemenangan

| Rabu, 09/12/2020 21:19 WIB
Dawam-Azwar Unggul Versi Hitung Cepat, Ini Komentar Tim Pemenangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lampung Timur nomor urut 3, Dawam Raharjo dan Azwar Hadi (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menyikapi hasil survei Rakata Institute, tim pemenangan pasangan calon Bupati Lampung Timur nomor urut 3, Dawam Raharjo – Azwar Hadi mengaku bersyukur. Selain hasil hitung cepat, tim Dawam – Azwar Hadi juga melakukan perhitungan real count (atauperhitungan sebenarnya) berdasarkan C1 plano di 2020 TPS yang ada di Lampung Timur.

“Menyikapi hasil hitung cepat rakata ini tentu kami bersyukur, hasil quick count Rakata terbukti tidak jauh berbeda dari real count tim pemenangan,” kata Ketua Tim Pemenangan Dawam – Azwar, Noverisman Subing, Rabu 9 Desember 2020.

Menurutnya, real count yang dilakukan tim pemenangan menurut dia ada ada selisih kemenangan dari calon lain sekitar 4 persen, lebih sedikit dari perhitungan Rakata 5,11 persen. “Hasil real count kami berdasarkan C1 pleno tidak jauh berbeda, selisihnya sekitar 4 persen, kalau Rakatata kan 5 persen, tetapi tidak masalah karena masih masuk margin error,” ungkap legislator provinsi Lampung dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini.

Karena itu, Nover mengatakan saat ini mereka memastikan tidak ada pergeseran suara. Mengingat rekapitulasi secara online yang dilakukan KPU Lampung Timur masih minim.

“Rekapitulasi KPU datanya masih di bawah 50 persen, meski hasil perhitungan KPU pun memenangkan pasangan nomor urut 3. Untuk itu saat ini tim sudah mengumpulkan seluruh C1 dan hasil rekapitulasi perhitungan di TPS, memastikan tidak ada pergeseran suara,” tegasnya.

Sebelumnya, pasangan Raden M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi memenangi Pilkada Lampung Timur 2020 versi penghitungan cepat (quick count) Rakata Institute. Hasil hitung cepat Rakata pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi unggul mutlak di 15 kecamatan yang ada di Lampung Timur.

Manajer Riset Rakata Institute Yuli Harmoko mengatakan, hasil quick count menunjukkan pasangan Dawam Rahardjo-Azwar Hadi meraih 40,75 persen.

Mereka mengungguli pasangan Zaiful Bokhari-Sudibyo yang memperoleh 35,64 persen dan Yusran Amirullah-Benny Kisworo 23,61 persen, "Keunggulan kemenangan paslon Dawam-Azwar sempat dipertanyakan. Tapi ternyata bisa lebih unggul. Dimana Yusran Amirullah-Benny Kisworo hanya menang di dua kecamatan, Zaiful Bokhari-Sudibyo unggul di tujuh kecamatan, dan Dawam-Azwar menang di 15 kecamatan. Dengan demikian, pasangan M Dawam Rahardjo-Azwar Hadi diprediksi akan memenangkan Pemilihan Bupati-Wakil Bupati Lampung Timur 2020,"jelasnya.

Tags : Pilkada Serentak , PKB , Lamtim