Pilkada Lampung Timur, Duet Dawam Raharjo-Azwar Hadi Sementara Unggul

| Kamis, 10/12/2020 14:03 WIB
Pilkada Lampung Timur, Duet Dawam Raharjo-Azwar Hadi Sementara Unggul Pasangan Cabup-Cawabup Lampung Timur, Dawam Raharjo-Azwar Hadi (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM - Calon Bupati Lampung Timur Dawam Raharjo mengaku tak ingin jumawa meski unggul dalam hitung cepat sejumlah lembaga survei maupun rekapitulasi elektronik yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Tetap tenang, rendah diri dan saya harap para pendukung tidak melakukan euphoria yang berlebihan. Ini adalah kemenangan warga Lampung Timur, kemenangan Rakyat yang harus kita syukuri,” kata Dawam Raharjo dalam keterangannya, Kamis, 10 Desember 2020.

Diketahui, saat ini KPU tengah melakukan rekapitulasi elektronik atau E-rekap. Hingga pukul 13.20 WIb, Kamis 10 Desember 2020, KPU Lampung Timur (Lamtim) sudah menyelesaikan rekapitulasi sebanyak 43,61% atau 881 TPS dari total 2.020 TPS di Pilkada Lamtim 2020.

Hasil sementara menunjukkan pasangan nomor urut 3, Dawam Raharjo – Azwar Hadi unggul dengan perolehan suara 41,0%. Disusul pasangan nomor urut 2. Zaiful Bokhari – Sudibyo dengan perolehan suara, 37,8% dan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah – Benny Kisworo meraih 21,2%.

Komposisi perolehan suara dalam perhitungan online KPU sejauh ini tidak jauh berbeda dengan hasil hitung cepat (quick count) Lembaga survei Rakata Institute.

Hasil hitung cepat Rakata menunjukkan pasangan nomor urut 3 tersebut memperoleh suara 40,75%. Sedangkan pasangan nomor urut 1 Yusran Amirullah-Benny Kisworo meraih 23,61%; dan pasangan nomor urut 2, Zaiful Bokhari-Sudibyo 35,64%.

Berdasarkan berdasarkan hitung cepat atau Quick Qount Pilkada Lampung Timur 2020 versi Rakata Institute pasangan Dawam Raharjo – Azwar Hadi menang di 15 kecamatan dari total 24 kecamatan yang ada di Lampung Timur.

Menurut Dawam, hasil hitung cepat Rakata tidak jauh berbeda dengan hasil perhitungan real count dari tim pemenangan yang berbasiskan C1 plano di 2.020 TPS.

“Alhamdulillah sekali lagi ini berkat kerja keras semua partai pengusung, tim, relawan, pendukung dan masyarakat Lampung Timur pada umumnya,” kata mantan birokrat ini.

Dawam juga menginstruksikan kepada tim pemenangan dan relawan menjaga suara dalam pleno di semua tingkatan KPU.

“Kita harapkan suara rakyat ini tidak bergeser satu suara pun, kita harus sama-sama menjaganya. Ini amanah rakyat, untuk itu saat ini adalah saatnya rakyat mengawal suaranya, semua menjaga situasi tetap kondusif, tidak euphoria berlebihan, apalagi sekarang masih masa pandemic covid 19, protocol kesehatan harus terus dijalankan dan mengawal perhitungan di pleno resmi KPU nantinya,” jelasnya.

Senada Dawam, Calon Wakil Bupati Lampung Timur, Azwar Hadi menyampaikan terima kasih kepada seluruh relawan, tim pemenangan serta masyarakat Kabupaten Lampung Timur.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada semua tim relawan serta semua masyarakat Kabupaten Lampung Timur yang telah turut serta dalam mensukseskan proses demokrasi saat ini. Kami dari pasangan Da-Di yakin dengan hasil hitung cepat ini, tidak akan mengecewakan hasil kerja dan perjuangan kita bersama selama ini, namun juga kita tetap harus mengawal proses demokrasi ini,” kata Azwar Hadi, di Posko Pemenangan di Sukadana.

Menurut Azwar Hadi hasil hitung cepat tersebut merupakan kemenangan yang telah diraih bersama masyarakat menuju Kabupaten Lampung Timur yang lebih baik.

“Kemenangan ini adalah kemenangan kita bersama, demi menuju Kabupaten Lampung Timur yang lebih baik,” pungkasnya.

Tags : Pilkada , Lampung Timur , Dawam Raharjo