Pleno 24 PPK Lampung Timur Selesai, Dawam Rahardjo-Azwar Hadi Menang

| Sabtu, 12/12/2020 11:42 WIB
Pleno 24 PPK Lampung Timur Selesai, Dawam Rahardjo-Azwar Hadi Menang Cabup-Cawabup Lampung Timur nomor urut 3, Dawam Raharjo-Azwar Hadi (foto istimewa)

RADARBANGSA.COM Hasil pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Timur menempatkan pasangan calon bupati nomor urut 3. Dawam Rahardjo-Azwar Hadi (DA-DI) unggul dengan meraih suara 210.606.

Disusul pasangan nomor urut 2. Zaiful Bokhari-Sudibyo meraih 202.519 suara. Sementara pasangan nomor urut 1. Yusron Amirullah – Benny Kisworo meraih 118.103 suara.

Ketua tim pemenangan Pasangan Calon Nomor urut 3. Dawam Rahardjo – Azwar Hadi Noverisman Subing mengungkapkan hasil rekapitulasi suara pada pleno tingkat kecamatan yang dilaporkan oleh saksi di 24 kecamatan pada tim pemenangan.

Menurutnya hasil rekapitulasi suara di tingkat PPK berlangsung lancar. Perolehan suara pasangan calon dalam pleno tingkat kecamatan ini tidak jauh berbeda dengan hasil rekapitulasi tim pemenangan Paslon DA-DI.

“Pleno rekapitulasi suara tingkat kecamatan alhamdulillah selesai. Hasilnya seperti hasil perhitungan posko data pemenangan, calon nomor urut 3 unggul meraih 210.606 suara,” ujarnya, Sabtu, 12 Desember 2020.

Menurutnya, jika dipresentasikan Pasangan Dadi meraih 39,65% suara sah, sementara pasangan  Zaiful – Sudibyo meraih 38,12 % suara dan paslon nomor Yusran Amirullah meraih 22,23% suara. Dengan demikian, ada selisih 1,52% kemenangan paslon nomor urut 3. dari paslon nomor urut 2.

Paslon DA-DI unggul di 12 kecamatan yakni, Batang Hari, Gunung Pelindung, Jabung, Labuhan Maringgai, Marga Sekampung, Matara Baru, Metro Kibang, Pasir Sakti, Pekalongan, Purbolinggo, Sekampung dan Waway Karya. Ini berbeda dengan hasil hitung cepat lembaga survei Rakata Institute sebelumnya yang menunjukkan pasangan DA-DI menang di 15 kecamatan dari total 24 kecamatan di Lampung Timur.

Sementara itu, total suara sah berjumlah 531.228 suara, yang tersebar di 2020 TPS yang ada di 264 desa se-kabupaten Lampung Timur.Untuk jumlah DPT dalam Pilkada Lampung timur kali ini berjumlah 770.477 terdiri dari 378.347 pemilih perempuan dan 392.129 pemilih laki-laki.

Proses rekapitulasi perhitungan suara (Tungsura) di tingkat PPK itu dihadiri saksi masing-masing pasangan calon, panitia pengawas kecamatan dan Forkopimcam. Tungsura tingkat PPK dilaksanakan secara serentak di 24 kecamatan. Selanjutnya, setelah pleno PPK, KPU akan menjadwalkan pleno tingkat KPU Kabupaten.

Dikonfirmasi mengenai pelaksanaan pleno rekapitulasi di 24 kecamatan ini, Ketua KPU Lampung Timur Wasiyat Jarwo Asmoro membenarkan bahwa pleno tingkat PPK sudah selesai.

“Iya sudah (selesai pelaksanaan pleno,” singkatnya melalui pesan whatsapp.

Untuk total hasil rekapitulasi dalam Pleno, Wasiat mengatakan belum bisa menjelaskan karena masih menunggu proses pleno rekapitulasi suara tingkat KPU Kabupaten Lampung Timur.

“Saya belum bisa menjawab itu (hasil pleno kecamatan), karena Pleno rekapitulasi tingkat kabupaten masih akan dijadwalkan,” pungkasnya.

Tags : Pilkada , Dawam Raharjo , Lampung Timur