Jabat Menparekraf, Jokowi Beri Tugas Khusus ke Sandiaga Uno

| Rabu, 23/12/2020 10:49 WIB
Jabat Menparekraf, Jokowi Beri Tugas Khusus ke Sandiaga Uno Menparekraf, Sandiaga Uno (foto: silaturahimdotcom)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo memberi tugas khusus kepada Sandiaga Uno sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Menurut Sandi, tugas yang diterimanya kali ini sangat berat karena mesti memastikan sektor pariwasata bisa bangkit saat pandemi COVID-19.

Salah satu tugas itu adalah membangkitkan kembali sektor pariwisata, terutama memastikan lima destinasi super prioritas yang sudah ditunjuk untuk meningkatkan kualitas dan infrastrukturnya.

Kelima destinasi super prioritas itu antara lain Danau Toba Sumatera Utara, Borobudur Jateng, Labuan Bajo NTT, Likupang Sulawesi Utara, dan Mandalika NTB.

Presiden mengingatkan untuk setiap destinasi terutama destinasi lima super prioritas menyiapkan calendar of event. Yakni, event yang berkaitan dengan menarik para wisatawan terutama di saat COVID-19.

"Yakni mempertahankan jumlah lapangan kerja dan aktivitas ekonomi di sektor wisata dan ekonomi kreatif," jelas Sandi.

Sandi menyebut, calendar of event yang ia siapkan terdiri dari mingguan, bulanan, dan tahunan. "Event skala dunia ini yang diharapkan menjadi big bang," jelas pria yang memiliki hobi olahraga ini.

Ia juga diminta untuk memastikan aspek kesehatan dan keselamatan di tiap-tiap destinasi terutama menghadapi COVID-19 ini diprioritaskan. "Sehingga para wisatawan akan merasa aman nyaman," kata Sandi yang juga mantan rival Jokowi saat pilpres ini.

Sandi juga diminta menciptakan ekonomi kreatif menjadi lokomotif dari penciptaan lapangan kerja. Terutama sektor ekonomi kreatif yang banyak menyerap dan gerakan ekonomi rakyat. "Seperti sektor kuliner, fashion, dan kriya,"papar dia.

Lalu, ia juga ditugaskan Wapres Maruf Amin untuk memastikan wisata halal dan destinasi wisata religi. Tujuannya agar mampu menggairahkan sektor wisata yang diharapkan bukan hanya bertahan tapi menangkap peluang jadi pemenang.

Tags : Jokowi , Sandiaga Uno , Menparekraf