Tenaga Kesehatan Prioritas Vaksinasi, Satgas Imbau Tak Perlu Ragu

| Senin, 04/01/2021 22:25 WIB
Tenaga Kesehatan Prioritas Vaksinasi, Satgas Imbau Tak Perlu Ragu Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Tenaga kesehatan menjadi pihak pertama yang mendapat prioritas penerima vaksin COVID-19. Rencananya sebanyak 1,3 juta nakes di seluruh Indonesia akan segera diberi suntikan vaksi COVID-19 di bulan Januari 2021 ini.

Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19, dr. Reisa Broto Asmoro, mengajak agar para nakes tidak perlu menunggu dan menunda vaksinasi COVID-19. Disampaikannya, vaksin sudah melewati proses uji praklinis, uji tingkat satu, dan tingkat dua sehingga seharusnya tidak ada keraguan dari sisi keamanan.

"Mungkin sebagian kita, teman sejawat kesehatan atau nakes, masih ada yang bertanya-tanya soal keamanan, efektivitas, bahkan mempertimbangkan aspek agama... Tentang amankah vaksin para guru kita, guru besar ahli vaksin yang punya pengalaman puluhan tahun, telah mendampingi proses pengkajian vaksin ini," kata dr Reisa.

"Yang saat ini sedang kita tunggu adalah efikasi. Di mana efikasi adalah persentase penurunan kejadian penyakit pada kelompok orang yang divaksinasi," lanjutnya dalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Senin, 4 Januari 2021.

Ia juga mengingatkan bahwa vaksinasi COVID-19 menjadi kewajiban tenaga kesehatan. Tujuannya untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

"Ingat janji dan sumpah profesi kita untuk membaktikan hidup demi kepentingan peri kemanusiaan. Di sini termasuk mengutamakan keselamatan," tuturnya.

Tags : Reisa Broto Asmoro , Vaksin , COVID-19 , Tenaga Kesehatan

Berita Terkait