PBNU Kirim Relawan Bantu Korban Gempa di Sulawesi Barat

| Selasa, 19/01/2021 18:45 WIB
PBNU Kirim Relawan Bantu Korban Gempa di Sulawesi Barat Logo Nahdlatul Ulama. (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengirimkan relawan dan tim kesehatan ke daerah terdampak gempa di Sulawesi Barat, Minggu, 17 Januari 2021 malam. Adapun Tim yang diutus PBNU antara lain keterwakilan dari Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI), NU Care-LAZISNU serta dokter dan perawat di Lembaga Kesehatan NU (LKNU).

Nantinya, para relawan yang dikirim PBNU dari Jakarta berkolaborasi dengan relawan NU daerah yang sudah lebih awal terjun ke lapangan untuk membantu para korban. Di sana, PBNU menyalurkan kebutuhan dasar untuk masyarakat yang ada di Kabupaten Majene.

Ratusan masyarakat yang menjadi korban gempa akan dilakukan pemeriksaan kesehatan secara gratis dari PBNU. Ketua Rombongan M Wahib mengatakan, dia dan rombongan tiba di Bandara Tampa Padang, Majene tepat pukul 04.00 WIB dini hari. Tiba di Majene, PBNU melakukan koordinasi dengan relawan NU Mamuju dan Majene temasuk dengan jajaran PWNU dan PCNU setempat.

"Kami juga melaksanakan pemberian kebutuhan dasar yang sampai saat ini belum tertangani oleh pihak pemerintah atau lembaga lain. Masing-masing di Majene banyak di pegunungan, karena banyaknya isu dan gempa susulan," kata M Wahib dilansir dari nu.or.id, selasa, 19 Januari 2021.

Pengurus NU Care-LAZISNU itu juga melaporkan, kondisi di Kabupaten Majene hujan deras semalaman. Masyarakat mendirikan tenda di dataran tinggi. Sementara tim relawan NU daerah yang sudah lebih awal mendampingi masyarakat terus berkoordinasi dengan pihak terkait agar ada penanganan yang makasimal untuk para penyintas.

Wahib mengungkapkan, ada tiga posko yang telah didirikan NU Peduli di Sulawesi Barat. Posko pertama sebagai posko induk didirikan di Kabupaten Mamuju tepatnya di sekitaran Kantor Bupati Mamuju. Bantuan NU yang datang dari luar Sulbar dihimpun di posko-posko tersebut.

Tags : PBNU , Sulawesi Barat , Gempa , Relawan

Berita Terkait