Gus Yaqut Harap Sidang MPL-PGI Hasilkan Program Strategis untuk Umat

| Senin, 25/01/2021 22:27 WIB
Gus Yaqut Harap Sidang MPL-PGI Hasilkan Program Strategis untuk Umat Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2021 dapat menghasilkan program-program strategis yang bisa menjangkau umat. Sebab, umat butuh bimbingan dari para tokoh agamanya. 

 

"Saya berharap sidang ini menghasilkan program-program strategis yang bisa menjangkau umat karena umat butuh bimbingan dari para tokoh agamanya. Saya khawatir bila kita meregangkan hubungan dengan umat maka umat tidak ada yang `menggembala` seperti istilah dalam umat Nasrani," kata Gus Yaqut, sapaan akrabnya saat mengisi rangkaian Sidang Majelis Pekerja Lengkap Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (MPL-PGI) 2021, Senin 25 Januari 2021.

Gus Yaqut menyampaikan bahwa Kementerian Agama saat ini sudah melakukan pemetaan problem keagamaan di Indonesia dan bertemu dengan para tokoh lintas agama, termasuk dengan PGI.

"Kemarin saya ke Katedral untuk bertemu dengan Uskup Agung Jakarta dan beberapa tokoh agama lainnya untuk berdiskusi moderasi beragama. Dalam beberapa kali pertemuan saya ilustrasikan pemeluk agama itu seperti suporter sepakbola yang kadang bisa bersatu, kadang tawuran di lapangan. Nah semua itu tergantung pada bagiamana wasit yang memimpin pertandingan sehingga tidak memancing penonton untuk tawuran," ujar ungkapnya.

"Saya ingin meletakkan diri saya sebagai wasit yang benar-benar bersikap adil kepada semua pemeluk agama. Tentu ini tidak berhenti hanya sekadar jargon," katanya.

MPL-PGI 2021 berlangsung pada 25-26 Januari 2021, dengan mengusung Tema: Aku adalah Yang Awal dan Yang Akhir (Wahyu 22:12-13), Memperkuat Solidaritas Kebangsaan, Mengadaptasi Pola Hidup Baru di Tengah Pandemi. 

Tags : Gus Yaqut , Menag