Gus Yaqut Dukung UIN Syahid Jadi PTKIN Berbadan Hukum Pertama di Indonesia

| Selasa, 16/02/2021 19:26 WIB
Gus Yaqut Dukung UIN Syahid Jadi PTKIN Berbadan Hukum Pertama di Indonesia Menteri Agama Gus Yaqut menerima kunjungan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Amany Lubis di kantornya (foto: kemenag)

RADARBANGSA.COM - Menteri Agama (Menag) Yaqut menerima kunjungan Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Prof. Amany Lubis beserta jajaran di kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Selasa 16 Februari 2021. 

Pertemuan tersebut membicarakan progres transformasi UIN Syarif Hidayatullah dari PTN BLU menjadi PTN Badan Hukum.

Gus Yaqut, sapaan akrabnya, setuju dan mendukung UIN Syarif Hidayatullah menjadi Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) Berbadan Hukum yang pertama di Indonesia, "Pada prinsipnya kita setuju. Mendorong UIN Syahid menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH)," katanya.

"Dalam hal ini, harus ada langkah-langkah melakukan mitigasi untuk antisipasi isu komersiliasi kampus. Sebab, ini adalah PTKIN yang pertama kali menjadi PTN-BH," tambah Gus Yaqut, dilansir kemenag.

Dengan transformasi menjadi PTN BH, lanjut Gus Yaqut, UIN Syarif Hidayatullah ini nantinya akan menjadi contoh bagi PTKIN lainnya di bawah naungan Kementerian Agama.

Selain itu, Gus Yaqut juga menekankan agar ketika menjadi PTN-BH, UIN Syarfi Hidayatullah agar tidak menaikkan biaya kuliah secara signifikan. "Semisal ketika dulu saya kuliah di UI biayanya masih 250ribu, sekarang sudah jutaan," kenangnya.

"Jangan sampai niat baik ini, menjadikan kita semua tidak siap. Saya mensupport segala yang diperlukan dalam pengembangan UIN Syahid. Kita berkomitmen mendorong UIN Syahid menjadi PTN-BH," tukasnya.

Tags : Gus Yaqut , Menag , UIN Syahid

Berita Terkait