Komisi IV DPR Dorong Lahirnya Generasi Muda Pertanian

| Jum'at, 19/02/2021 20:50 WIB
Komisi IV DPR Dorong Lahirnya Generasi Muda Pertanian Anggia Ermarini (Anggota DPR RI FPKB). (Foto: istimewa)

RADARBANGSA.COM - Wakil Ketua Komisi IV DPR RI Anggia Erma Rini mengatakan konsep pendidikan berbasis pertanian yang dikembangkan oleh Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Malang, Jawa Timur, sangat menarik dan bernilai strategis, khususnya dalam membangun generasi muda pertanian yang tangguh.

Anggia menegaskan bahwa pandemi COVID-19 menjadi tantangan ke depan bagi lembaga pendidikan seperti Polbangtan Malang, untuk menghasilkan generasi pertanian yang mumpuni. Ia berharap ke depannya generasi muda mau terlibat dalam memajukan pertanian dengan memanfaatkan teknologi.

“Semoga ke depannya mampu menghasilkan tenaga-tenaga pertanian yang tidak hanya mencukupi kebutuhan diri sendiri, tetapi bisa masyarakat yang lebih luas. Termasuk menghasilkan teknologi-teknologi terdepan juga menjadi tantangan tersendiri," ujar politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini seperti dikutip dari laman dpr.go.id, Jumat, 19 Februari 2021.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi menyatakan saat ini pertanian Indonesia didominasi petani tua. “Jika tidak dilakukan regenerasi, dalam 5 sampai 10 tahun mendatang bisa kekurangan petani," tuturnya.

Dedi berharap dukungan dari Komisi IV DPR RI terkait dengan program dan pembiayaan bagi pengembangan SDM pertanian yang tangguh, unggul dan berdaya saing. "Untuk mengelola sebuah organisasi besar yang ujungnya membangun SDM tangguh dibutuhkan komitmen bersama," ucapnya.

Tags : DPR RI , Pertanian , Generasi Muda , Polbangtan , PKB