Indonesia - Jerman Deklarasikan Kerja Sama Bidang Kesehatan

| Jum'at, 26/02/2021 18:14 WIB
Indonesia - Jerman Deklarasikan Kerja Sama Bidang Kesehatan Ketua Satgas PEN Budi Gunadi Sadikin (foto: setkabgoid)

RADARBANGSA.COM - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia dan Kemenkes Jerman mendeklarasikan kerjasama bidang kesehatan. Deklarasi dilakukan secara virtual yang dihadiri oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin, dan Sekretaris Parlementer Negara Bagian Kemenkes Jerman, Sabine Weiss, MdB. Rincian.

Menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, deklarasi bersama ini didirikan untuk memperkuat hubungan persahabatan antara kedua negara dan untuk mempromosikan kerja sama kesehatan atas dasar saling menguntungkan dan saling menghormati.

"Ini merupakan kesepakatan kerja sama kesehatan pertama kedua negara. Deklarasi bersama ini akan fokus pada bidang-bidang seperti pelayanan kesehatan, pencegahan dan pengendalian penyakit, kesehatan masyarakat, farmasi dan alat kesehatan, serta pengembangan sumber daya manusia di bidang kesehatan," kata Menkes Gunadi dalam keterangan persnya, Jumat 26 Februari 2021.

 

Sementara itu, Sabine Weiss mengaku senang hubungan baik kedua negara kini semakin diperkuat di bidang kerja sama kesehatan melalui penandatanganan Deklarasi Bersama.

“Melihat tantangan masa depan, Indonesia dan Jerman dapat belajar banyak dari satu sama lain dan mencapai banyak hal bersama-sama. Saya secara khusus memikirkan pencegahan dan pengendalian penyakit serta pengelolaan pandemi COVID 19,” tutur Weiss.

Pandemi yang terjadi saat ini menjadi tantangan besar bagi semua negara di dunia dan memberikan tekanan ekstra pada sektor kesehatan. Namun Deklarasi Bersama Indonesia-Jerman ini pasti akan melampaui masalah COVID-19. Hal ini juga akan menjadi dasar kerja sama masa depan dalam pengembangan layanan kesehatan dan teknologi terkait kesehatan.

Tags : Kemenkes , Indonesia , Jerman