Presiden Jokowi Tegaskan Pencegahan Kunci Utama Kurangi Risiko Bencana

| Rabu, 03/03/2021 20:30 WIB
Presiden Jokowi Tegaskan Pencegahan Kunci Utama Kurangi Risiko Bencana Joko Widodo (Presiden RI). (Foto: twitter @KemensetnegRI)

RADARBANGSA.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan kunci utama mengurangi risiko bencana di Tanah Air ada pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana. Hal itu disampaikan Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Penanggulangan Bencana Tahun 2021 di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 3 Maret 2021.

"Saya melihat kunci utama mengurangi risiko ada pada aspek pencegahan dan mitigasi bencana. Ini yang selalu saya sampaikan berulang-ulang. Pencegahan-pencegahan jangan terlambat," Kata Jokowi.

Kepala Negara mengatakan bahwa pentingnya aspek pencegahan bukan berarti tidak memerhatikan aspek-aspek lain dalam manajemen bencana. Jokowi menginginkan jajarannya tidak hanya bersikap reaktif saat bencana terjadi.

"Kita harus siapkan diri dengan antisipasi yang betul-betul terencana dengan baik, detail," ujarnya dilansir dari antaranews.com.

Jokowi juga menyampaikan, Indonesia telah memiliki rencana induk penanggulangan bencana 2020-2024 melalui Perpres nomor 87 tahun 2020. Menurut Presiden, poin pentingnya adalah tidak berhenti dengan memiliki grand design dalam jangka panjang, melainkan harus bisa menurunkannya dalam kebijakan-kebijakan.

Tags : Jokowi , Bencana Alam , Indonesia