Gus Menteri: Pentahelix Percepat Pertumbuhan Ekonomi Desa

| Jum'at, 05/03/2021 19:36 WIB
Gus Menteri: Pentahelix Percepat Pertumbuhan Ekonomi Desa Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar (foto: kemendesa)

RADARBANGSA.COM - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar mengatakan, model pentahelix sangat penting untuk dilakukan sebagai upaya untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi di desa.

“Ini sangat penting, karena memang kondisi seperti ini hanya satu hal yang bisa kita lakukan dengan model pentahelix, semua harus kerja bareng, semua harus satu visi dan satu misi untuk memulihkan ekonomi nasional,” ungkap Gus Menteri saat memberikan Keynote Speaker dalam Meet and Greet dengan pegiat Desa Wisata di Hotel Taman Dayu, Pandaan, Kabupaten Pasuruan, Jumat 5 Maret 2021.
 
 
Gus Menteri, sapaan akrabnya mengungkapkan, sesuai dengan arahan yang selalu disampaikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), harus jelas dan pasti, kapan harus menginjak gas dan kapan harus menginjak rem terutama dalam mengatasi Pandemi Covid-19. 
 
"Jangan sampai menginjak gas kemudian menjadikan COVID-19 naik, berarti harus di rem. Tapi jangan sampai menginjak rem tapi menjadikan ekonomi terpuruk," ungkapnya.
 
Oleh karena itu, Gus Menteri meyakini bahwa BUMDes bisa turut andil untuk memulihkan perekonomian dalam skala desa dan skala nasional melalui desa wisata dan unit-unit usaha lainnya.
 
“Misalnya jika bicara satuan desa itu sederhana, jika ada satu wisata desa yang diaktifkan maka akan ada transaksi dari orang jualan, kalau kemudian dengan protokol kesehatan, dengan lahan yang luas dan kehadiran masyarakat yang proporsional, ekonomi tetap jalan,” kata Politisi senior PKB itu seperti dikutip laman kemendesagoid.
 
Tags : Gus Menteri , Kemendes PDTT , Dana Desa

Berita Terkait