Hadapi Musim Pancaroba, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Waspada

| Jum'at, 12/03/2021 21:02 WIB
Hadapi Musim Pancaroba, BMKG Imbau Masyarakat Tetap Waspada Potensi cuaca ekstrim (BMKG)

RADARBANGSA.COM - Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Guswanto mengimbau masyarakat waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak yang ditimbulkan selama memasuki masa pancaroba atau peralihan musim tahun ini.

“Masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap potensi cuaca ekstrem selama memasuki musim pancaroba," kata Guswanto dalam keterangan persnya, Jumat 12 Maret 2021.

Menurut Guswanto, sebagian besar wilayah Indonesia akan memasuki periode peralihan dari musim hujan ke musim kemarau mulai akhir Maret 2021.

“Selama periode peralihan musim, ada beberapa fenomena cuaca ekstrem yang harus diwaspadai, yaitu hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang; puting beliung; waterspout, dan hujan es,” tuturnya.

Dalam sepekan ke depan, imbuhnya, juga diidentifikasi juga dinamika atmosfer yang  masih dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap pembentukan awan hujan di wilayah Indonesia.

“Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam periode sepekan ke depan curah hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berpotensi terjadi,” imbuhnya.

Tags : BMKG , Potensi Hujan

Berita Terkait