Gus AMI: Komitmen Kebangsaan PMII Harus Terus Diperkuat

| Rabu, 17/03/2021 13:21 WIB
Gus AMI: Komitmen Kebangsaan PMII Harus Terus Diperkuat Ketua Mabinas PB PMII, Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Kongres XX PMII di Balikpapan (foto Radarbangsa/AL)

RADARBANGSA.COM - Ketua Majelis Pembina Nasional (Mabinas) Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII), Abdul Muhaimin Iskandar memaparkan, PMII memiliki kekuatan yang lebih dibanding organisasi-organisasi lain dalam membentengi kebhinekaan di Indonesia.

Demikian disampaikan Gus AMI (sapaan akrab Muhaimin Iskandar) saat menghadiri Kongres XX PMII di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu, 17 Maret 2021.

"Komitmen kebangsaan PMII harus terus diperkuat. PMII harus menjadi garda terdepan dalam membentengi kebhinekaan," kata Gus AMI.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan, PMII turut serta melahirkan reformasi yang spirit utamanya adalah perubahan, perbaikan dan pembaharuan.

Spirit reformasi tersebut, lanjut Gus AMI, telah melahirkan wajah demokrasi yang dinamis dan tumbuh dengan baik, sehingga bisa dinikmati bersama oleh masyarakat Indonesia saat ini.

"Kader-kader PMII turut serta melahirkan reformasi sehingga wajah demokratisasi saat ini bisa kita nikmati bersama," ungkapnya.

Wakil Ketua DPR RI ini menambahkan, PMII juga telah meletakkan tonggak sejarah spirit perubahan tersebut melalui berbagai produk gagasan, salah satunya pergerakan arus balik masyarakat pinggiran yang kemudian diadopsi oleh pemerintah dengan konsep membangun dari pinggiran.

Dia juga menyatakan progresifitas PMII selama ini telah melahirkan banyak kader yang turut serta mewarnai kancah perpolitikan nasional, pun demikian di wilayah eksekutif maupun yudikatif.

"Kita semua sudah melihat banyak kader-kader PMII yang mengisi dan turut andil melahirkan pemimpin-pemimpin progresif. PMII juga harus menjadi kunci transformasi bagi SDM yang unggul," pungkas Gus AMI.

Puncak acara kongres ini berlangsung di Balikpapan, Kalimantan Timur, 17-20 Maret 2021. Presiden Joko Widodo secara langsung membuka Kongres XX PMII ini dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Tags : Gus AMI , Kongres PMII , PMII

Berita Terkait