Dibuka Presiden Jokowi, PKB Siap Gelar Mukernas dan Munas Alim Ulama

| Rabu, 07/04/2021 13:34 WIB
Dibuka Presiden Jokowi, PKB Siap Gelar Mukernas dan Munas Alim Ulama Konferensi Pers Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama (foto: Radarbangsa/Iyan)

JAKARTA, RADARBANGSA.COM – DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menggelar Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) dan Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama di Jakarta, Kamis 8 April 2021.

“Mukernas merupakan agenda rutin internal DPP yang digelar sebagai bagian dari amanat partai untuk menyiapkan kerja-kerja strategis-taktis kepartaian dalam memberikan kontribusinya kepada bangsa dan negara,” kata Ketua DPP Faisol Riza yang juga Ketua Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama dalam konferensi persnya di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu 7 April 2021.

Menurut Faisol Riza, Mukernas dan Munas Alim Ulama merupakan agenda rutin partai yang tujuan keduanya saling menopang satu sama lain. Munas Alim Ulama rutin diselenggarakan PKB karena partai ini lahir dan besar di tangan para ulama. Sementara agenda Mukernas PKB bertujuan untuk mengonsolidir isu-isu strategis kepartaian, terutama menyiapkan ikhtiar PKB menghadapi recovery ekonomi, Kesehatan dan sosial.

“PKB mengawal penuh kebijakan dan program Presiden Joko Widodo serta Pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi dan mengatasi Pandemi,” jelas Faisol Riza yang didampingi Wasekjend DPP PKB Anggia Ermarini dan Wabendum DPP PKB Bambang Susanto.

Ketua Komisi VI DPR RI itu juga menyampaikan bahwa dalam Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama akan dibahas seperti implementasi UU Pesantren dan aturan-aturan turunannya, pemulihan ekonomi melalui UMKM Pesantren, desain pendidikan pasca pandemi, politik kesejahteraan hingga isu-isu aktual lainnya.

“Selain membahas topik-topik strategis dan aneka isu nasional, salah satau rangkaian Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB adalah pemberian penghargaan pada pesantren-pesantren yang telah konsisten dan tetap menjalankan proses pembelajaran dan pengajaran di masa sulit saat pandemi ini,” ungkapnya.

Sejumlah pesantren dengan kategori tersebut, lanjut Faisol Riza, di antaranya Ponpes Lirboyo Kediri dengan total 32 ribu santri, Ponpes Krapyak Yogyakarta dengan 12 ribu santri, Ponpes Ploso Kediri, Ponpes Cipasung Tasikmalaya, Ponpes Tegalrejo Magelang dan pondok pesantren lainnya.

Di bagian penutup, Legislator PKB itu juga menyampaikan bahwa Mukernas PKB dan Munas Alim Ulama akan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi, ”Presiden Jokowi direncanakan akan membuka secara langsung Munas Alim Ulama dan Mukernas PKB ini dan akan disiarkan secara langsung,” tutupnya.

Tags : PKB , Mukernas PKB , Munas Alim Ulama